Santri Menulis

Tata Krama Dalam Bergaul

Allah menciptakan manusia dalam keadaan dloif dan tiada sempurna. oleh karena itu, kita dengan segala kekurangannya dan kebutuhan tidak akan pernah lepas dari bantuan orang lain dan akan selalu ada ketergantungan antara sesama.

Ada keterkaitan dan rasa saling membutuhkan. Oleh karenanya butuh cara khusus untuk berinteraksi dan bergaul dengan orang-orang di sekitar kita agar dapat tercipta keharmonisan dan keseimbangan salam pergaulan kita. berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai tata krama bergaul yamg benar dalam islam.

1.Kenali Kapasitas Keilmuan Lawan Bicara

hal ini menentukan, kapan kita harus banyak bicara dan mengerjakan sesuatu yang bermanfaat baginya. Dan kapan pula kita banyak diam dan mendengarkan ilmu yang akan ia ajarkan kepada kita.

2. Tebarkan Senyuman

Karena tersenyum merupakan perhiasan terbaik yang dimiliki oleh wajah dan dapat membuat lawan bicara kita meras adihargai dan diperhatikan. Dengan senyuman pula kita hendak memberitakan kepada orang lain tentang rasa penghormatan dan penghargaan yang tersimpan dalam hati kita.

3. Tidak Berkhalwat

Walaupun hal ini merupakan fitrah manusia, terlebih ketika seseorang memasuki usia remaja tentulah hal itu menjadi godaan yang sangat berat. Hal ini menjadi tolok ukur sedalam manakah iman kita kepada Allah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button