artikel santriPesantren KamiSantri MenulisSerambi PesantrenUncategorized

MAKAN SAHUR

Sahur (bahasa Arab: سحور ‎), juga disebut Sehur, Sehri, Sahari dan Suhoor dalam bahasa lain, adalah sebuah istilah Islam yang merujuk kepada aktivitas makan oleh umat Islam yang dilakukan pada dini hari[ ataupun sebelum adzan subuh berkumandang bagi yang akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan juga puasa sunah lainnya.


Sahur dianggap oleh tradisi Islam sebagai manfaat berkah karena memungkinkan orang yang berpuasa untuk menghindari rasa malas atau kelemahan yang disebabkan oleh puasa. Menurut sebuah hadis di Sahih al-Bukhari, Anas bin Malik meriwayatkan, “Nabi bersabda, ‘makan sahurlah karena ada berkah di dalamnya.'”


Ada beberapa hadist yang menjelaskan masalah ini diantaranya,Abdulallah bin Umar R.A menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang bersahur.”(H.R Ibnu hibba dan Thabrani).


Dalam riwayat lain,Abu Said Al-Khudri R.A menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Sahur adalah santapan yang berkah.Mak,janganlah kalian meninggalkannya,walaupun salah seorang dari kalian banyak yang meneguk air,karena Allah SWT dan para Malaikat-Nya bershalawat pada orang orang yang bersahur.”(HR. Ahmad).


Jadi,Janganlah kita meninggalkan sahur lantaran rasa malas.Sebab dibaliknya terdapat doa malaikat.Sahur akan menguatkan kita dalam menjalankan puasa,membuat kita bersemangat,dan tidak merasa berat menjalankannya.
Sealin fadlilah tersebut ada beberapa fadlilah makan sahur lain,diantaranya sebagai berikut:
A. Pembeda dengan ahli kitab
Sala satu yang membedakan dengan ahli kitab adalah sahur.Dalam syarat ahli kitab,ditetapkan bahwa mereka tidak boleh makan,minum,dan berhubungan intim setelah tidur.Maksudnay,jiak antara mereka ada yang ketiduran maka tidak boleh makan,kecuali malam berikutnya.Ibadah tetap diwajibkan kepada kaum muslimin,hanya saja Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk bersantap sahur sebagai pembeda dengan puasa ahli kitab.Itulah salah satu makna yang terkandung dalam firman Alah SWT yang terdapat pada surat Al-Baqarah:183.


B. Mengandung keberkahan
Sahur mengandung banyak keberkahan karena mengikuti sunnah Rasulullah SAW.Salah satunya menguatkan badan untuk menjalankan puasa.Tentang hal ini Rasulullah SAW bersabda,”Makan sahurlah,karena dalam sahur ada keberkan.”(HR. Bukhari).


Dari segi kesehatan,sahur juga memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya.Diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Bisa menghalangi kepala pusing dan puyeng ditengah hari.
2. Membantu orang puasa untuk mengurangi rasa lapar dan haus.
3. Membantu orang yang berpuasa agar terhindar dari kemalasan dan
hasrat untuk selalu tidur.
4. Memacu alat pencernaan untuk bekerja.
5. Membantu orang yang berpuasa untuk menjalankan ketaatan kepada
AllahSWT selama sehari.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button