BeritaSantri Menulis

Westernisasi

WESTERNISASI atau Istilah Budaya kebarat-baratan tengah populer terdengar di masyarakat. Westernisasi merupakan proses meniru gaya hidup orang barat atau luar negeri.

Faktor utama penyebab terjadinya westernisasi adalah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Teknologi yang lebih maju membuat masyarakat mudah untuk mengakses berbagai kebudayaan barat tanpa adanya filter sama sekali. Selain itu, westernisasi juga terjadi karena adanya kecenderungan masyarakat yang menganggap bahwa kebudayaan barat lebih maju, modern, keren, dan lebih bergaya.

Namun, kebarat-baratan telah berasosiasi di kalangan anak muda. Bahkan, ada sebagian generasi tua yang beranggapan bahwa generasi muda sudah rusak karena tercampur dengan paham-paham Barat.

Memanglah harus diakui bahwa generasi muda Indonesia telah terpapar berbagai budaya luar. Tidak hanya kebarat-baratan, kekorea-korean, kejepang-jepangan, dan kearab-araban pun sudah banyak diadopsi oleh masyrakat Indonesia, bahkan hingga kepada sebagian generasi tua.

Tidak hanya masyarakat diluar,anak santri juga tidak sedikit yang mengikuti gaya kebarat baratan seperti halnya pakaian,makeup ala jepang,meniru gaya artis barat,mengagumi anak barat secara berlebihan dan semua itu mengakibatkan hal yang negatif karena sering terjadi dengan diadakannya konser dsb.Dan biasanya itu anak santri berlebihan sampai beralasan ingin pulang hanya karena tidak ingin ketinggal berita tentang artis artis barat.

DAMPAK NEGATIF WESTERNISASI

  • SEGI GAYA HIDUP
    • Akibat Westernisasi,Masyarakat cenderung mengikuti gaya hidup konsumtif dan serba praktis, seperti mengikuti gaya hidup artis Hollywood atau menggemari fast food.
  • SEGI PERGAULAN
    • Cara pergaulan ini jelas tidak sesuai apabila diterapkan di Indonesia yang notabennya menjunjung tinggi adat ketimuran. Selain itu, pergaulan bebas dapat menyebabkan permasalahan yang lebih luas, seperti remaja yang sering melanggar nilai dan norma sosial, free sex, penggunaan alkohol, dan penggunaan obat terlarang atau narkoba.
  • SEGI BUDAYA
    • Budaya lokal atau budaya nasional yang beraneka ragam perlahan mulai tergeser dan tergantikan oleh penyamaan dengan budaya barat. Selain itu, westernisasi juga berpotensi melunturkan semangat nasionalisme bangsa, terutama bagi generasi muda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button