artikel santri

Islam Rahmatan Lil Alamin

alhikmahdua.net,benda_ Islam Rahmatan Lil Alamin biasa di sebutkan dalam beberapa konsep dasar agama islam, namun, masih banyak yang belum memahami maksud yang sesungguhnya

Dalam Al-qur’an surat AL-ANBIYA ayat 107 allah SWT juga berfirman tentang Rahmatan Lil Alamin

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

artinya : dan kami tidak mengutus engkau (muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam (Q.S. AL-ANBIYA)

Apa yang dimaksud Islam Rahmatan Lil Alamin

Islam dalam bahasa berarti damai, keamanan, kenyamanan dan perlindungan, secara agama islam adalah manifestasi dari damai

Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “seorang muslim itu adalah orang-orang yang orang-orang muslim lainnya merasa aman dari (kejahatan) lisan dan tangannya.”

Hadits riwayat Bukhari berbunyi, “Seseorang bertanya kepada Nabi, apakah (amalan-amalan) yang baik di dalam Islam? Nabi menjawab: engkau memberikan makanan dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan kepada orang yang engkau tidak kenal.

Selain itu, dalam hadits riwayat An-Nasa’i, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Seorang muslim itu adalah orang yang orang-orangnya manusia lainnya merasa aman (kejahatan) lisan dan tangannya dan orang mukmin adalah orang yang manusia lainnya merasa aman atas darah (jiwa) dan harta mereka.”

Dari ketiga hadist tersebut menunjukan bahwa islam sebagai agama yang memastikan mewujudkan kedamaian dan keselamatan bagi seluruh umat manusia, dan orang muslim lain adalah yang mereka mewujudkan nilai-nilai luhur islam tersebut

Adapun, islam rahmatan lil alamin yang terdiri dari dua kata, yakni Rahmat yang berarti kasih sayang, dan lil alamin yang berarti seluruh alam. Namun, ulama tafsir berbeda pendapat mengenai maksud rahmatan lil alamin dalam surat AL ANBIYA.

Menurut Ath-Thabari yang paling benar adalah [rahmat] bagi orang beriman maka sesungguhnya Allah memberikan petunjuk kepadanya dan memasukkan keimanan ke dalam dirinya dan memasukkanya ke dalam surga dengan mengerjakan amal yang diperintahkan Allah.

Sementara itu, Islam Rahmatan Lil Alamin adalah konsep abstrak yang mengembangkan pola hubungan antar manusia yang pluralis, humanis, dialogis, dan toleran. Selain itu, konsep ini mengembangkan pemanfaatan dan pengelolaan alam dengan rasa kasih sayang.

Sederhananya, maksud Islam Rahmatan Lil Alamin adalah Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. Adapun, contoh Islam Rahmatan Lil Alamin adalah guru atau dosen sebagai sumber belajar bagi para Siswa dan Mahasiswanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button