tokoh muslim

SANG PEJUANG ISLAM

Beliau adalah Budak yang bernama Bilal bin Rabah Al-Habsyi ia lahir di daerah as-sarah sekitar 43 tahun sebelum hijrah . ayahnya bernamah Rabah ,sedangkan ibunya bernama Hamamah seorng budak perempuan yang berkulit hitam yang tinggal di daerah mekkah sebagian memanggil Bilal adalah ”ibnus sawd” yang berarti ”anak laki-laki dari perempuan hitam” . Dan suatu ketika mekkah diterangi cahaya agama baru yang dibawa oleh sang Rosul agung , Nabi Muhammad SAW Bilal bin Rabah Al-habsyi termasuk orang pertama yang memeluk agama islam dan salah satunya’ yaitu Abu Bakar Ash-shiddik, Ali bin Abi Thalib, dan lain sebagainya.

Pada suatu saat majikan Bila mengetahuinya bila Bilal memeluk agama islam,majikannya terus-menerus menyiksanya agar Bilal keluar dari agam islam dan orang Quraisy yang paling banyak menyiksa Bilal bin Rabah adalah Umayyah bin Khalaf barsama dengan para algojonya yang trus mencambuki tanpa terlapis apa pun lalu dari salah satu algojonya berbicara ”pujilah berhala dan ikuti apa kata kami” Bilal menjawab ”lidah ku tidak bisa mengatakannya”, dan para algojo itu semakin meningkatkan rasa cambukannya. Disaat itu Bilal hanya menikmati perilaku dari para Quraisy.

Umayyah bin Khalaf pun merasa bosah dengan ada nya Bilal, Abu Bakar pun datang kepada Umayyah dengan tujuan untuk memerdekakan Bilal dengan membelinya dengan harga yang sangat tinggi tetapi Abu Bakar tetap membelinya,lalu Abu Bakar memberi tahu kepada Nabi muhammad SAW bahwa ia sudah membelinya, dan dari saat itulah Bilal pun diajak untuk hijrah pertama bersama para sahabat Rosul ke Mekkah. Dan Bilal juga dijuluki sebagai SANG PENGUMANDANG SUARA LANGIT karena beliaulah pertama kali adzan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button