Serambi Pesantren

PESANTREN ITU?…

alhikmahdua.net

Pesantren itu penjara.setujukah?

Penjara itu tempat orang-orang bersalah dalam sebuah sel yang sempit.Sementara pesantren adalah tempat penuh berkah dan lautan ilmu, pantaskah bila di sebut penjara?

Bagaimana dengan kalimat “penjara suci“? tak asing lagi untuk sebuah pesantren.Peraturan yang ada di pondok dan keharusan untuk menetap di asrama dan hanya di perbolehkan pulang saat bulan ramadhan dan akhir semester tiba.Mungkin itu yang menjadikan santri menyebut pesantren seperti penjara.lalu pesantren itu apa?.

Jika bukan penjara,istanakah pesantren itu?

benarkah? Istana itu merupakan tempat yang sangat megah dan penghuninya pula seorang raja,permaisuri dan prajuritnya dengan fasilitas serba ada. Sementara pesantren hanyalah tempat sederhana yang mana ada kiai,bunyai,dan para santrinya dengan kitab-kitab kuning sebagai kajiannya.

Hidup dipesantren yang bebas dari orang tua bukan berarti bebas melakukan apa saja. Fasilitas yang ada di pesantren yang gunanya untuk menunjang pendidikan formal seperti internet,walau hampir semua kebutuhan disediakan,tak bisa dikatakan kalau pesantren itu seperti istana.

Yang lebih tepatnya bukan penjara ataupun istana . Pesantren itu hanya tempat sederhana namun menjadi gudangnya ilmu.Aktivitas santri yang full setiap hari adalah aktivitas

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button