Santri Menulis

PERUNDUNGAN ITU APA SIH ?

Perundungan? Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan kalau mendengar kata Perundungan atau yang kerap kita sapa dengan sebutan bullying merupakan bentuk perilaku agresif yang sering dilakukan anak atau individu lain secara sengaja dan berulang-ulang untuk menyakiti anak atau individu lain demi mendapatkan kesenangan semata baik itu di lakukan di dunia nyata maupun di dunia maya, terlebih untuk kalangan anak-anak dan remaja bullying pasti sudah sangat lumrah dijumpai pada kalangan sepantaran tersebut. Apalagi kalau sudah menyangkut fisik atau dari kalangan mana anak tersebut di besarkan.

Kalian tau nggak sih kalau bullying itu sebenarnya sering terjadi disekitar kita seperti memberikan julukan yang tidak sepantasnya pada teman kita itu juga sebenarnya adalah salah satu bentuk bullying loh. Seringkali bullying yang seperti ini dianggap hanya sebuah bahan bercanda semata tanpa kita lebih memikirkan apakah hal yang kita lakukan melukai hati orang tersebut atau tidak. Kesadaran inilah yang membuat bullying terus terjadi dari angkatan per angkatan, bahkan sekarang bullying bukan hanya dapat kita jumpai secara fisik saja karena dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat bullying juga sering kali terjadi di dunia maya seperti di facebook, instagram, tiktok, whatsapp dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Tau nggak sih kalau bullying itu bukan hanya terjadi secara fisik, nonfisik atau dunia maya saja loh, bullying juga sangat bisa terjadi dalam bentuk sosial juga. Seperti, mengucilkan, membeda-bedakan, mendiami atau cuek adalah beberapa contoh bullying dalam bentuk sosial.

Untuk dampak dari bullying itu sendisi si anak atau individu lain dapat mengalami gangguan mental, depresi, rendah diri, cemas dan banyak hal mengerikan lainnya. Kalau sudah sampai membuat si anak atau individu lain depresi cara yang dapat kita lakukan bisa dengan memberikan motivasi kepada si anak atau individu lain, menuntun mereka dengan mengajarkan menjadi orang yang lebih percaya diri lagi, kalau cara tersebut tidak efektif kita bisa mencoba membawa mereka ke psikiater untuk diberikan bimbingan lebih.

Dan untuk kalian yang mengalami bullying ingatlah kalian tidak sendiri, jangan takut untuk menjadi lebih berani, tunjukan bahwa dengan mereka menjatuhkan kalian itu bukan menjadi penghalang untuk kalian menjadi yang terbaik. Teriakan pada diri kalian bahwa kalian BISA PASTI BISA!!!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button