Santri Menulis

PELAJAR INDONESIA VS PELAJAR DUNIA

Dimanakah posisi kita?

kata orang orang,pendidikan kita punya seribu masalah dan salah satunyamungkin adalah kita.iya,kemampuan belajar siswa indonesia dibilang rendah.tapi memang emang hasilnya?Gimana perbandingan sama negara-negara dunia lainya?Dan ada di posisi berapakah kita sekarang?

jawabanya kita ada di peringkat ke-7 dunia,tapi dari bawah yaa!survei yang dibuat untuk mengukur kemampuan siswa dalam 3 bidang (membaca, matematika,dan sains)ini ternyata masih terlalu sulit.Nyatanya kita ada di peringkat-71 secara keseluruhan,kalah dari negara-negara yang memang terkenal maju pendidikanya dan bahkan kalah dari negara-negara

yang umurnya belum sepertiga indonesia.Sedihnya lagi,trend pelajar-pelajar belakang ini pun terus-menerus.Tapi tunggu dulu.Apakah tes bisa ngegambarin realita pendidikan kita yang sebenarnya?terus apa sih yang bisa kita lakuin buat kedepanya?

oastinya tes ini bukan hasil akhir yang nentuin kualitas pendidikan.tapi kalau berkaca dari hasil tadi bisa jadi itu karena banyak masalah yang menimpa pendidikan kita,yang salah satunya karena karena masih adanya kebiasaan menghafal yang bikin kita ngga ngerti kenapa suatu materi harus di pelajari.

Disadari atau tidak,sekoalah ngajarin kita rumusnya dan lupa ngejelasin kalau masalah kaya gini sering banget kita hadapin di kehidupan sehari-hari.Tapi masalahnya ngga cuma ada di sekolah aja,tapi juga di luar kelas.misalnya kondisi sosial-ekonomi pelajar yang ngga merata yang akhirnya bikin tes mereka jomplang dan tentu aja masalahnya lainya.

Mungkin kita sering ngerasa kesal “kok negara kita gini?”Nah,nanti ketika 10 tahun ke depan kita yang akan memegang di situlah kesempatan kita.”Aku sangat terkesan dengan pelajaran PKN saat aku SMA.Guruku bilang gini;ngga ada kemajuan negara tanpa pembangunan,tanpa SDM berkualitas.

Ngga ada SDM yang berkualitas tanpa pendidikan yang bagus,menurutku itu sangat masuk akal dan terbukti.”Tutur jerome polin,peraih beasiswa jepang.Berbicara soal oendididkan,salah satu unsur yang bisa mengembangkan pendidikan di indonesia adalah anak muda.

Kata bang jerome (panggilan akrabnya),indonesia memiliki potensi besar untuk memajukan negara lewat anak muda yang berpendidikan.Makanya, biar pendidikan kita bisa bersaing kita perlu berkaca dari hasil survei ini dan mengambil kebijakan.

Contohnya kayak UN yang baru-baru ini dihilangin yang perlu kita lakuin buat perbaikan pendidikan indonesia.Menurutku kebijakan pak Nadiem itu sudah oke banget kalau misalnya berhasil dilakuin.

Bapak pendiri bangsa kita pernah bilang satu ucapan yang terkenal.Katanya “Hanya satu tanah yang bisa disebut Tanah Airku.Ia berkembang dengan usaha,dan usaha itu usahaku.”

Melihat kondisi sekarang,ucapan itu bisa jadi dorongan buat kita yang meski di tengah fakta menjadikan kualitas pendidikan di negara kita,kitalah yang harus ikut berjuang menyelesaikanya!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button