Pesantren KamiSantri MenulisSerambi PesantrenUncategorized

MENGERJAKAN KEBAIKAN PADA ORANG LAIN

Mengerjakan kebaikan pada orang orang yang mengerjakan kebaikan pada orang lain,seperti guru sekolah,dosen,guru ngaji, guru madrasah,guru ngaji,dan sebagainya.intinya seseorang yang mengerjakan kebaikan pada orang lain apapun profesinya.Yang dimaksud kebaikan disini adalah ilmu agama,yang bisa menyelamatkan seseorang didunia maupun diakhirat kelak.Namun,tidak bisa juga dipungkiri bahwa selain ilmu agama ilmu lainnya juga bisa masuk dalam kategori ini,asalkan ilmu tersebut memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang banyak. Selain itu ada keutamaan yang didapatkan oleh orang yang mengerjakan kebaikan pada orang lain.


Pertama,memenuhi perjanjian dengan Allah SWT.Setiap orang mendapatkan amanah ilmu dari Allah.memiliki tugas besar menyampaikannya pada orang lain,dan tidak boleh menyembunyikannya.Tentang hal ini Rasulullah bersabda,”Tidaklah Allah SWT memberikan ilmu pada orang lain,kecuali Dia membuat perjanjian dengannya,sebagaimana perjanjian yang dibuat dengan para nabi,yaitu menyampaikan kepada manusia yang lain dan tidak menyembunyikannya.”( H.R. Abu Nuaim ).


Kedua,Amalan terbaik.Kita sering mendengar istilah”Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa”Ya memang begitulah kenyataannya.coba anda pikirkan apakah ada didunia ini amalan atau pekerjaan yang lebih baik dari mengerjakan kebaikan pada orang lain?Dengan mengerjakan kebaikan,manusia menjadi lebih baik.


Ketiga,salah satu jalan berdakwah.salah satu jalan berdakwah yang paling efektif adalah mengajar.Dengan mengajar anda menyampaikan kebenaran dengan hikmah dan nasihat yang baik sehingga ilmu yang anda ajarkan bisa diserap oleh orang lain dengan baik.


Keempat,mendapat nikmat yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Ketika anda mengerjakan kebaikan pada orang lain,kemudian orang tersebut mendapatkan hidayah dari Allah SWT.mak itu jauh lebih baik dari pada dunia dan semua yang ada didalamnya.Contoh kecil seperti anda mengajarkan bacaan Al-Faatihah kepada anak kecil sehingga ia mampu membaca dengan baik.


Kelima,dipanggil sebagai orang besar atau agung dikalangan penduduk langit.Ketika anda mengajarkan kebaikan pada orang lain maka nama anda tidak hanya harum dikalangan manusia saja namun juga di kalangan penduduk langit.


Keenam,Berhak memberi syafaat dengan izin Allah SWT.Pada hari kiamat kelak ,tidak ada seorangpun yang bisa memberi syafaat,kecuali dengan seizin Allah.Diantara orang yang bisa memberi syafaat dihari kiamat adalah orang yang mengajarkan kebaikan pada orang lain.


Ketujuh,benteng ilmu Allah SWT. Dimuka bumi pada Ulama dan pengajar kebaikan merupakan benteng ilmu Allah dimuka bumi.Merekalah yang mempertahankan kebaikan dari para penentang dan para musuh-Nya.


Kedelapan,selamat dari ancaman Allah SWT diakhirat kelak orang yang mengajarkan kebaikan akan terhindar dari ancaman Allah SWT.Tentang ini Rasulullah SAW bersabda,”Barang siapa yang mengetahui suatu ilmu,kemudian ia menutupinya maka Allah akan menusuknya dengan tombak dari neraka.”( H.R.Abu Dawud,Imam Tirmidzi,Imam Nasa’i,Imam Ibnu Majah,Imam Ibnu Hiban dan Imam Hakim).


Kesembilan,selamat dari laknat Allah,sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW,” Ketahuilah sesungguhnya dunia itu dilaknat,dan dilaknat pula semua yang ada didalamnya,kecuali dzikir kepada Allah dan ketaatan kepada-Nya,orang berilmu dan orang yang mempelajari ilmu.”


Kesepuluh,mendapat pahala seperti pahala orang yang mengamalkan kebaikan.Misalnya anda mengajarkan tata cara sholat pada seseorang,kemudian seseorang tersebut melakukan sholat seperti yang anda ajarkan maka anda berhak mendapat pahala yang didapatkannya.Sebagaimana sabda Rasul.”Barang siapa yang menunjuki kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakan.”


Kesebelas,mendapat rahmat dari Allah SWT.Dalam sebuah hadist,Rasulullah Bersabda,”Para khalifahku mendapatkan rahmat Allah.”para sahabat bertanya ,” siapa para Khalifahmu ya Rasulallah?”Beliau menjawab “Orang orang yang menghidupkan sunnahku dan ynag mengajarkannya kepada manusia.”( H.R Ibu Abdul Barr)


Itulah beberapa fadlilah bagi orang orang yang mengajarkan kebaikan pada orang lain. Namun jikalau anda ingin melihat para sahabat,anda akan mendapati mereka sebagai sosok yang bersemangat mengajarkan ilmu agama pada orang lain.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button