artikel santriUncategorized

Radikalisme itu?

Alhikmah-Radikalisme itu merupakan bentuk paham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Salah satu ciri utama dari paham ini ialah sering menggunakan kekerasan untuk mencapai apa yang menurut kelompok radikalisme itu benar.

radikalisme berasal dari radikal (fanatik) dan isme (ideologi).Jadi radikalisme yaitu penolakan orang-orang yang fanatik dengan golongannya ,dengan cara yang keras. seperti Radikalisme yang sedang terjadi sekarang ini di Taliban menjadi perbincangan semua orang di penjuru dunia.

Yang terjadi di taliban juga menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia untuk melawan radikalisme dan terorisme.Golongan seperti taliban sama seperti golongan ISIS yang pernah terjadi di indonesia.Walaupun sudah selesai. tapi simpati dari orang-orang yang ingin kemballi masih banyak.

Dan Taliban muncul karena adanya penarikan pasukan Soviet dan runtuhnya rezim komunis Afghanistan serta kehancuran tatanan sipil di negara tersebut. Awalnya gerakan ini di anut oleh orang-orang Pashtun ,dan pertama kali muncul di pesantren-pesantren yang kebanyakan dibiayai oleh Arab Saudi, yang biasanya menganut aliran Sunni garis keras.

Munculnya adanya radikalisme ini memiliki beberapa faktor .Yang pertma yaitu faktor pemikiran ,faktor ini terjadi karena golongan tersebut menganggap bahwa mereka yang paling benar ,dan mereka juga mengajak orang-orang lain untuk mengikuti mereka dengan cara kekerasan.

Yang kedua faktor ekonomi, faktor tersebut dapat mempengaruhi adanya radikalisme itu.Yang ketiga yaitu faktor politik,karena faktor tersebut bisa mempengaruhi karena rasanya ketidak adilannya terhadap masyarakat.Dan masih banyak lagi faktor-faktor yang mungkin mempengaruhi adanya radikalisme.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button