Berita

Kucing Plus dan Minusnya

Bulu kucing ternyata dapat membuat kaum hawa kehilangan kesuburan nya.

Sebenarnya, kucing merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki tingkat kehigienisan yang tinggi jika di bandingkan dengan hewan lainnya. pernyataan ini di kemukakan oleh dr. sa”id rafah, dokter hewan di rs hewan damskus, yang mengatakan bahwa kucing memiliki enzim lysozyme yang berfungsi untuk membunuh kuman serta bakteri yang ada pada permukaan kulitnya. dari fakta tersebut , bukan kan masuk akal jika kucing justru di anggap sebagai hewan peliharaan yang ‘ aman’ karena tidak beresiko terkena infeksi bakteri serta firus penyebab penyakit?

Lalu, kenapa kucing malah di anggap sebagai penyebab kemandulan? ini di sebab kan oleh parasit toxoplasma gondii yang berkembang baik pada hewan berdarah panas. bedanya, jika pada hewan lain seperti anjing, ayam, burung,kuda, dan tikus , toxoplasma berkembang biak hanya dengan aseksual ( membelah diri ), maka pada kucing parasit ini berkembang biak secara aseksual dan seksual ( mikro dan makro gamet )

Kebanyakan kasus toxoplasmosis disebab kan karena mengkonsumsi daging yang mengandung kista ( berisi bradizoit ), takizoit (bentuk ploriferatif) yang proses pemasakannya kurang sempurna arau daging mentah . jika sampai termakan oleh kucing ia ia akan berkembang biak dalam tubuh kucing , lalu keluar bersama kotoran . dan jika sampai terkena bulu< si parasit ini juga bisa berkembangf biak di sana.

Meskipun tidak memelihara kucing, namun toxoplasma masih bisa menginfeksi melalui berbagai cara seperti:

. sayuran yang tercemar parasit toxoplasma dan tidak di cuci bersih.

. memakan daging mentah ata daging yang cara memasaknya tidak benar benar matang.

. mendapatkan tranfusi darah dari pendonor yang terinfeksi toxoplasma

Jika terinfeksi toxoplasma, maka kenali gejala awalnya.demam atau flu yang berkepanjangan serta batuk dan pembengkakan pada kelenjar di leher yang menyebabkan susah menelan. karena gejala itulah, banyak yang tidak menyadari bahwa mereka terinfeksi parasit toxoplasma. sedangkan jika tidak di tangani dengan segera, toxoplasma akan memicu peradangan pada saluran sel telur, sehingga sel telur sulit untuk di buahi

Dan juga rahim yang sudah terinfeksi, dapat meningkatkan janin terlahir cacat, secara fisik maupun mental. bahkan banyak pihak yang menyangkutpautkan penumpukan cairan di kepala bayi (hidrosefalus) dengan infeksi toxoplasma yang terjadi ketika ibu mengandung janin

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar penularan toxoplasma dapat di minimalisir yaitu

. menjaga kebesihan si kucing

. memberi vaksin hewan

. mencuci tangan sebelum dan sesudah makan

. mencuci sayur dan buah sebelum di makan

. jangan terlalu sering kontak langsung dengan kucing

. menjaga kehigienisan makanan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button