Santri Menulis

KONSPIRASI

alhikmahdua.net- suatu persekongkokolan untuk menjalankan rencana besar yang dirancang oleh sekelompok orang atau organisasi yang memiliki pengaruh besar dengan mulus dan rapi sehingga orang tidak mengetahuinya sedikitpun disebut konspirasi.

Kata-kata konspirasi selalu menarik untuk dibicarakan dan didiskusikan.Mendengar kata konspirasi ,yang terlintas dalam benak adalah teori-teori konspirasi yang disangkutpautkan dengan berbagai peristiwa-peristiwa besar.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),kata konspirasi ialah persekogkolan atau komplotan.Sedangkan pelaku yang menjalankan konspirasi disebut konspirator.

Para konspirator berusaha mengerjakan rencana konspirasi mereka secara mulus,rapi,dan rahasia.Hal inilah yang membuat konspirasi sulit dibuktikan.Lalu pada akhirnya orang-orang hanya mampu menduga-duga apa yang akan terjadi selanjutnya dari rencana konspirasi tersebut.

Oleh karena itu muncullah berbagai teori konspirasi dari berbagai perspektif yang berbeda,sedangkan pengertian teori konspirasi adalahteori yang berusaha menjelaskan rencana-rencana atau fakta kejahatan yang terjadi dibalik suatu peristiwa (pada umumnya terjadi pada peristiwa politik,sosial,teragedi kemanusiaan serta SEJARAH).

Adapun orang yang tidak percaya dengan teori ini akan menganggap semua itu hanyalah teori belaka,mengada-ada,menyia-nyiakan waktu,dan lain sebagainya.

Hal ini terjadi karena terkadang teori ini mudah dibantahkan dan dianggap sebagai paranoid dan sering dianggap sebagai angin lewat biasa oleh orang yang tidak mempercayainya.

Dalam konspirasi terdapat 4 jenis konspirasi,yaitu:

1.CIVIL CONSPIRACY.Sebuah perjanjian yang dilakukan orang untuk menipu, menyesatkan atau menipu orang lain dari hak-hak hukum mereka atau untuk mendapat keuntungan sepihak.

2.CRIMINAL CONSPIRACY.Merupakan perjanjian antar orang untuk melanggar hukum.

3.POLITICAL CONSPIRACY.Merupakan kesepakatan antar orang dengan tujuan mendapatkan kekuatan politik atau memenuhi tujuan politik.

4.HUB and SPOKE CONSPIRACY.Merupakan sebuah konspirasi dimana terdapat satu atau lebih konspirator utama yang melakukan konspirasi serupa dg orang lain yang keberhasilannya tergantung dari orang-orang yang di ajak dalam perjanjian.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button