artikel santriBeritaDawuh AbahKegiatanKonsultasi Agamamaulid nabipengajian

Sholawat Kubro

Alhikmahdua.net- Sudah seyogyanya bagi kita umatnya Rasul saw. untuk senantiasa bersholawat kepada beliau. Tak ada minimal tak ada maksilmal. Bersholawatlah semampunya dan perbanyaklah sebagai nilai plusnya. Sholawat nabi sendiri hukumnya adalah Sunnah Muakad.

Ada berbagai cara untuk bersholawat kepada Rasul saw. yang dapat saya temukan di pondok ini adalah dgn diaadakannya acara seperti; pembacaan barzanji dan diba’i setiap minggunya, beristighosah secara berjamaah, dan mengadakan acara alhikmah bersholawat yang diiringi grup had

Esensi sholawat yang banyak tak bisa dimentionkan satu persatu. dan essensinya lebih dan lebih banyak jika kalian melantunkannya dibulan yang mulia ini, Rabiul awwal. Dibulan dimana kita umat muslim merayakan kelahiran Pemimpin dunia akhirat kita, Nabi Muhammad Sholalluh ‘alaihi wassalam

Jenis sholawatpun banyak, salah satunya adalah Sholawat Kubro, didalamnya berisi pujian, salam, dan doa kebaikan untuk keluarga dan keturunan dari Nabi. Sholawat ini adalah bentuk penghormatan dan hadiah dari Malaikat Jibril kepada Rasul saw.


Diriwayatkan dalam sebuah hadist : Dari Sayyidinaa Abbas R.a bahwa pada saat Rasulallaah SAW sedang duduk di masjid Nabawi datang malaikat Jibril menghadiahkan sholawat (Alfu Alfi sholaatin Wa alfu alfi salaamin alaika dan seterusnya). kemudian malaikat Jibril berkata “Barang siapa membaca shalawat ini maka Allah SWT akan menciptakan 70.000 malaikat dimana setiap malaikat mempunyai 80.000 kepala dan setiap kepala mendoakan orang membaca shalawat tersebut, sedang doa para malaikat dikabulkan Allah SWT” (HR.An-Nasai).

KEUTAMAAN

1.Dijadikan amalan oleh As-Syaikh Al-Imam Junaidi Al-Baghdadi dan Shultonul Auliya As-Syaikh Abdul Qodir Al-Jaelani sebanyak 1000 kali dalam sehari semalam. Ditambah dengan Asmaul Husna serta Asma Nabi. Yang daripadanya Allah berikan kedudukan dan kehormatan yang tinggi

2.Jika dibaca secara rutin, Allah akan memberikan nikmat yang sangat besar yang belum pernah terbesit dipikiran dan terdengar oleh telinga.

3.Jika dibaca minimal sekali dalam sehari semalam, Allah akan berikan ketentraman dalam keluarga, kecukupan rezeki, serta terkabul hajatnya.

4.Jika dibaca rutin, Allah akan kabulkan hajatnya, diberikan ketenteraman hati, dan dipelihara dirinya di dalam keimanan dan keislamannya.

5.Menghilangkan segala bentuk penyakit, sulit jodoh, dan rasa was-was.

6.Dibaca setelah sahur atau setelah Qobliyah Shubuh dapat melancarkan usaha dalam melunasi hutang

Dan masih banyak lagi fadhilahnya. Inilah bacaannya;

اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَ اْلمُرْسَلِيْنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَالنَّبِيِّنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَالصِّدِّيْقِيْنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَالرَّاكِعِيْنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَالْقَاعِدِيْنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَالسَّاجِدِيْنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَالذَّاكِرِيْنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَالمْكُبَرِِّيْنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَالظَّاهِرِيْنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدَالشَّاهِدِيْنَنِ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدِي ياَرَسٌوْلَ اللهِ ياَخَاتمَِ الاَنْبِيَاءِ وَالمٌرْسَلِيْنَ
اَلْفُ اَلْفِ صَلاَةٍ وَاَلْفُ اَلْفِ سَلاَمٍ عَلَيْكَ يَاسَيِّدِي يَانَبِى اللهِ
اِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ وَالْحَمْدٌلِلّهِ رَبِّ اْلعَالمَِيْنَ

Itulah seringkas bacaan Sholawat Kubro, untuk lebih lengkapnya dapat mengunjungi situs yang lainnya. Denagn mengistiqomahkan membaca sholawat ini walau hanya tiga faqroh perharinya, insyaallah akan mendapat kelimpahan barakah dan dimudahkan hajatnya.

Sholu’ala Sayyidina Muhammad, Allahumma shollu ‘alaih.

ayundhia

yok bisa yok!

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button