Dawuh AbahHeadlineKonsultasi

Santri Harus Tahu Politik Berdakwah Secara Rahmatalli`alamin bersama Abah Sholah

Abah apa yang harus santri tahu dari perpolitikan tanah air?

santri harus tahu bahwa politik itu adalah sebuah strategi ,jangan di konotsikan politik merupakan sebuah partai. sedangkan politik itu alat. Alat untuk menggapai sebuah kekuasaan ataupun keberhasilan.

politik yang berarti sebuah strategi maka dalam dunia pesantren ,santri itu harus mengenal tentang siyasah ,tentang strategi . Ada assiyasah addakwah, itu tentang politil dakwah , tanpa mengenal ini kita tidak bisa berhasil .kita sudah belajar banyak dari sejarah Rosulullah dan para sahabatuntuk mengatur strategi dakwah.

Selain santri harus tahu stategi dakwah tetapi santri harus strategi dakwah tetapi santri harus tahu sisayah politik ekonomi . kalau kita tidak tahu tentang staretegi ekonomi ,derita kaum pinggiran di sepanjang tanah air tidak teratasi .Jadi politik konotasinya jangan kepada partai, tetapi pada startegi dan pergerakanya.

bagaimana tanggapan abah dengan politik santri dan santri berpolitik?

santri sudah belajar tenteang kenegaraan termassuk belajar masalah perpolitikan ,seperti DPR,MPR,Tentunya politik santri iytu adalah strategi yang telah di lakukan oleh para ulama .Tentunya ,kita boleh mencari sebuah kekuasaan itu visi dan misinya untuk kepentingan agama.

Apakah santri yang keseharianya mengaji ,apakah bisa berkiprah di bidang politik?

Di dalam ilmu-ilmu agama ,terutama di dalam kitab- kitab ,kita belajar tentang ahkam shuktoniah : hukum-hukum tentang kenegaraan ,hukum tentang perdagangan. Artinya mengaji itu untuk anfau linnas,bermanfaat sesama manusia.Ibarat kita memancing ikan adalah tujuanya .seorang santri mondok juga harus ada tujuanya. Tidak sembarang mengaji ,maka di pesantren di ajarkan banyak tentang ilmu kemasyarakatan ,oleh adanya orda.Selain itu pengajian kitab Idzotunnasiin dan Taklim Mutaalim, itu tentang akhlak kebangsaan.

apa saja yang sudah didistribukan dari pesantren untuk pemerintah,dan sebaliknya?

Dari pesantren kepada pemerintah banyak ,salah satunya adalah tentang pendidikan karakter dari pesantren yang di cangkok oleh para alumni pesantren,bisa di artikan bahwa pesantren mempunyai peran penting untuk membangun bangsa secara ramatallilaalamin.

kalau konstribusi pemerintah terhadap pesantren ,barangkali kita harus bicara lebih luas,bahwa anggaran negara itu di atur oleh undang-undang.Seperti undang -undang pendidikan sakah satunya adanya program WAJAR,yakni setuap individu berhak untuk menerima pendidikan belajar sembikan tahun, adanya BOS . Saya kira itu bentuk salah satu konstribusi pemerintah mengakat derajat martabat pendidikan bangsa indonesia ,salah satunya yang ada di dalam pesantren.

Bagaimana prediksi politik indonesia 10 tahun ke depan?

Tentang pemerintah ,yang jelas bahwa kedepan indonesia itu harus tahu jati diri bangsa indonesia.Bahwa bangsa indonesia itu adalah bangsa yang di kenal dengan bangsa ketimuran dan pluralisme ,kebhinekaan .Maka pemerintah harus bisa mengadopsi tentang pendidikan yang ada di dalam pesantren untuk membangun kemsaslahatan bangsa.

Apakah ada perbedaan di dalam suatu negara, organisasi atau kekuasaan ,jika di pimpin oleh seirang pesantren dan non pesantren?

Yang jelas bahwa pengamat dari pelosok dunia seorang pesantren mampu dan di jadikan sebagai sebuah figur untuk membangun bangsa ini, dengan dengan konsep kepesantrenan .Jujur bahwa pemimpin yang di pegang oleh orang -orang pesantren itu banyak mengubah kemajuan zaman .Terutama di eranya Gus Dur .Gus Dur bisa mengangkat tentang anggaran-anggaran terhadap pendidik, Gus Dur sudah mencoba dengan sifat pemimpin yang qona`ah dengan di buktikan Gus Dur .

”bahwa pemimpin yang di pegang oleh orang-orang pesantren itu banyak mengubah zaman”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button