artikel santriBeritabiografiPesantren KamiSerambi PesantrenUncategorized

IRI BILANG BOS

Itulah kata yang sering kita dengar. Iri atau dengki bisa di artikan sebagai penyakit hati yang di alami oleh setiap manusia, ketika seorang sedang mengalami konflik atau sedang di landa masalah yang tak kunjung selesai. dan mendapatkan kritikan dari orang lain. biasanya mereka berkata “IRI BILANG BOS” yah itulah kata yang sering di ucapkan apa lagi banyak di kalangan anak muda yang sering menggunakan kata tersebut.

Sesuai dengan dalil yang terdapat pada surat An-nisa ayat 32 yang berbunyi;

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعْضَكُمْ عَلٰى بَعْضٍ ۗ لِلرِّجَالِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبُوْا ۗ وَلِلنِّسَاۤءِ نَصِيْبٌ مِّمَّا اكْتَسَبْنَ ۗوَسْـَٔلُوا اللّٰهَ مِنْ فَضْلِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمًا ٣٢

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Kita sebagai santi yang hidup di pondok serba apa adanya harus bersyukur dengan keadaan, idur ya nggak di kasur, mandi ya ngantri, makan seadanya, ya serba tirakat lah. berbeda dengan anak zaman sekarang di luar sana yang hidupnya serba wah atau tercukupi. sebab blenake kita sing saiki kui bakalan nggo masa depan kita ingat itu seperti kata pepatah “bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian” jadi jangan iri dengan kehidupan anak di luar sana dan perbanyaklah bersyukur. jadi perlu di ingat Tak Perlu Iri dengan Mereka yang Mumpuni, Karena Sebenarnya Tuhan Telah Membekalimu dalam Diri.

Sedikit tambahan cerita dari saya mengenai artikel ini, artikel ini terinspirasi dari sebuah alas kaki atau sandal yang biasa saya pakai, benda tersebut di hiasi dengan kata “IRI BILANG BOS” haha jadfi saya berfikir untuk membuat sebuah artikel dengan judul tersebut, dan semoga bisa menginspirasi para pembaca;)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button