artikel santriBeritaHeadlineUncategorized

Aplikasi Karya Santri

Alhikmah-Untuk memperingati hari santri nasional,Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) dan Amazon Web Service (AWS) menyelenggarakan kompetisi 4.0 dengan tema “Dari Santri untuk Pesantren dan Umat Islam”.Dengan memberikan rangkaian webinar dan pelatihan untuk para santri dari 20 pesantren.Kompetisi ini dilaksanakan pada hari ahad melalui zoom meeting.

Dalam kompetisi ini para santri akan membuat proposal proyek untuk pengembangan pesantren dan umat Islam melalui pemanfaatan teknologi pada AWS. Harapannya dari kompetisi ini santri dapat membuat aplikasi atau sistem yang nantinya berguna bagi dunia pesantren dan umat Islam.

Sebagai ajang asah kemampuan, 10 proposal proyek terbaik akan mendapatkan pendampingan khusus dari para ahli. Ide dan gagasan dalam proposal peserta kompetisi tersebut akan mendapatkan bantuan coaching and mentoring agar realisasinya terarah dan sesuai dengan kebutuhan, serta benar-benar memberi manfaat bagi pesantren dan umat Islam.

Country General Manager AWS dalam kompetisi ini,mengharapkan dengan munculnya inovasi dan produk-produk yang tidak hanya bisa menjadi solusi di pondok pesantren masing-masing peserta tapi juga untuk diimplementasikan ke pondok pesantren lain atau bahkan dengan skala yang lebih besar lagi

Rangkaian jadwal kompetisi akan dimulai dengan pengumpulan proposal proyek pada 15 Juli 2021 hingga pengumuman pemenang pada 12 september 2021. Harapannya banyak santri yang ikut berkompetisi dan menghasilkan produk digital yang sedang dibutuhkan oleh insan pesantren, terutama dalam menghadapi pandemi covid19 ini.

Manager Program Laptop for Buiders RMI PBNU berharap agar ada banyak santri yang mau berpartisipasi dalam kegiatan ini, sehingga dengan inovasi dan proyek yang dibuat oleh para santri tersebut, maka pesantren tidak tertinggal pada era zaman sekarang ini.

Selain sebagai amal jariah untuk pesantren dan umat islam, produk terbaik santri dari hasil kompetisi ini juga akan diberikan hadiah total 40 juta. Sebagai bentuk penghargaan kepada santri yang berpartisipasi dalam kompetisi ini, mereka juga akan didampingi dan direalisasikan proposal proyeknya dan yang terbaik akan diberikan hadiah total 40 juta.

Dengan adanya kompetisi ini dapat membuktikan bahwa santri di era sekarang ini juga dibimbing untuk membuat kreativitas yang sangat bermanfaat untuk semua orang.Dengan hal tersebut,mereka bisa menyebarkan ajaran islam menggunakan aplikasi yang mereka buat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button