cerpenHeadlinemotivasipengajianPesantren KamiSantri Menulis

Al-Qur’an Memperbaiki Jiwa Manusia

Allah berseru kepada manusia bahwa kepada mereka telah di datangkan Al-Qur’an melalui rosul-Nya.Di dalamnya terkandung pedomna pedoman hidup yang sangat berguna bagi kehidupan mereka.

Pada ayat ini di sebutkan bahwa pedoman pedoman hidup itu merupakan jawaban atas keingkaran mereka terhadap ayat ayat Allah dan ancaman ancaman-Nya.Ayat ini mengemukakan fungsi Al-Qur’an dalam memperbaiki jiwa manusia.Di antaranya:

1.Mauizah,yaitu pelajaran dari allah kepada seluruh manusiaagar mereka mencintai yang hak dan benar,dan menjauhi perbuatan yang batil dan jahat.

2.Syifa,yaitu penyembuh bagi penyakit yang bersarang di dada manusia,seperti penyakit syirik,kufur dan munafik,termasuk pula penyakit jiwa yang mengganggu ketentraman jiwa manusia,seperti putus asa,lemah pendirian,memperturutkan hawa nafsu,menyembunyikan kedengkian kpd manusia,perasaan takut dan pengecut,mencintai kebatilan dan kejahatan,serta membenci kebenaran dan keadilan.

3.Huda,yaitu petunjuk ke jalan yang lurus yang meyelamatkan manusia dari keyakinan yang sesat dengan jalan yang membimbing akal dan perassanya agar berkeyakinan yang benar dengan memperhatikan bukti bukti kebenaran Allah,serta membimbing mereka agar giat beramal.

4.Rahmah,yaitu karunia allah yang di berikan kepada orang orang beriman yang dapat mereka petik petunjuk petunjuk yang terdapat dalam Al-Qur’an.orang orang mukimin yang meyakini dan melaksanakan petunjuk petunjuk yang terdapat dalam al quran akan merasakan buahnya.Mereka akan hidup tolong menolong, saling menyayangi,berkerjasama dengan menegakan keadilan,menumpas kejahatan dan kekejaman,serta saling membantu untuk memperoleh kesejahteraan.

Simpulan ayat ini adalah orang orang mukmin yang berpedoman kepada Al-Qur’an dan melaksanakan ajaranya bergembira,karena mereka telah memperoleh rahmat Allah yang paling berharga melebihi keutamman keutamaan lain yang mereka dapati.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button