Santri Award

Santri Award

Santri Award 2011 ini adalah penghargaan yang diberikan kepada pengelola blog (blogger) santri yang dengan segenap daya kreatifitasnya telah menuangkan ilmu dan pengalamannya dalam bentuk tulisan di blog. Tulisan tersebut tentunya yang harus dapat memberikan ide ataupun mengarahkan pembaca untuk melakukan tindakan yang positif dan bermanfaat, bagi dirinya ataupun masyarakat sekitarnya di Pondok Pesantren Al Hikmah 2.

Kategori Tulisannya Apa?

Penghargaan ini terdiri atas beberapa kriteria, yaitu:

  1. Kajian Al Hikmah , meresume (menulis ulang atau bisa juga merangkum) isi pengajian Abah, Madin, dan pengajian lainnya di Al Hikmah.
  2. Resensi Al Hikmah, membuat resensi buku-buku koleksi perpustakaan Al Hikmah
  3. Reportase, membuat reportase / berita terhangat seputar aktivitas / kegiatan di kompleks Al Hikmah.
  4. Citizen Jurnalism, membuat tulisan yang menceritakan pengalaman sehari-hari, baik ringan ataupun berbobot selama menjadi santri Al Hikmah.

Apa yang dinilai?

  1. konten memiliki nilai tambah (bermanfaat) bagi pembaca
  2. konten berbahasa Indonesia (dan juga boleh berbahasa inggris), boleh menggunakan bahasa informal asal mudah dipahami pembaca

Blog bebas dihostingkan dimana saja dan dengan domain apapun. Bagi yang belum memiliki blog silahkan mengikuti pelatihan singkat gratis yang diadakan oleh Tim localhost/alhikmah. Kami juga membuka pelatihan jurnalistik tingkat dasar bagi yang ingin membuat reportase.

Cara Ikutan?

Untuk ikutan Santri Award 2011 ini, caranya mudah. Daftarkan blog antum melalui situs localhost/alhikmah pada menu  SANTRI AWARD. dengan memberi komentar (berisi nama, kelas / sekolah dan alamat URL alamat blog) Selanjutnya :

  1. Secara berkala, tim localhost/alhikmah akan blog walking, meninjau dari satu blog ke blog lainnya. Kemudian akan ditentukan pemenangnya setelah dibahas internal oleh tim localhost/alhikmah yang akan dibantu pula oleh sejumlah pihak luar yang berkompeten di bidangnya.
  2. Antum tak perlu menyebutkan kriteria tulisannya (kajian, resensi, reportase, dll), kami yang akan menentukan sendiri kriteria tersebut. Namun tak ada salahnya jika antum menyebutkan demi membantu kami.
  3. Mencantumkan identitas lengkap di blognya masing-masing.

Apa Hadiahnya?

  1. Kriteria mingguan. Setiap 1 (satu) minggu sekali, di pertengahan minggunya, tim localhost/alhikmah akan mengumumkan (via web dan e-mail) 1 tulisan atau judul dari masing-masing kategori yang akan mendapatkan penghargaan. Bagi blogger santri yang mendapatkan penghargaan, akan segera mendapatkan FREE ACCESS INTERNET.
  2. Kriteria 1 Bulanan. Kemudian setiap 1 (satu) bulan sekali, dari para penerima penghargaan mingguan tersebut, akan dipilih 1 (satu) blog/blogger yang terbaik untuk mendapatkan penghargaan “The Best Santri Blog” dan berhak mendapatkan hadiah buku dari localhost/alhikmah dan sendal / kaos dari sponsor.
  3. Kriteria 6 Bulan. Kemudian di setiap 6 bulan, dari penerima penghargaan “The Best Santri Blog”, akan dipilih 1 (satu) santri blog/blogger yang terbaik untuk mendapatkan penghargaan Super Santri Blog dan berhak mendapatkan hadiah sebuah bingkisan menarik dari localhost/alhikmah dan dari sponsor.

Bagi blogger terpilih (mingguan, tiga bulanan atau akhir tahun) yang merupakan pengguna Blog Rumah Tulis (untuk kriteria blog award apapun), akan diberi hadiah menarik khusus dari PT. Rumah Tulis.

Tim Penilainya Siapa?

  • Untuk kriteria mingguan, penilainya adalah dari tim localhost/alhikmah
  • Untuk kriteria “The Best Santri Blog” dan “Super Santri Blog”, tim penilainya adalah:

o Baban Sarbana (Penulis buku-buku hikmah)

o Sawali Tuhusetya (Begawan Blogger Indonesia)

o Ajenk Ritzki (Republika.com)

Cara Klaim Hadiahnya?

Setelah blog pilihan diumumkan, blogger cukup memasang “banner award” (yang telah disediakan) di halaman depan (side-bar) blog masing-masing. Kemudian banner tersebut diberi tautan (link) http://localhost/alhikmah/santriaward paling lambat 1 (satu) minggu setelah pengumuman. Santri blogger mencantumkan identitas diri sesuai KTS di blognya masing-masing. Atau dengan mendaftar lewat email : pustakahikmah2@gmail.com

Pengumumannya Bagaimana?

Blog yang terpilih sebagai blog Internet Sehat akan diumumkan secara berkala di masjid annur, gor dan juga di halaman http://localhost/alhikmah/  pada kategori pengumuman pemenang. Keputusan atas blog terpilih tersebut adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat. Tidak ada korespondensi dalam bentuk apapun khusus terkait dengan keputusan atas pemilihan blog tersebut.

untuk santri yang belum mempunyai blog dan mau mendaftar silahkan klik (disini) dan segera daftarkan blog anda melalui email: pustakahikmah2@gmail.com

Contact Person : Lukman Muttaqin (lkm.jnt@gmail.com)

Penyelenggara : localhost/alhikmah

Pendukung Program

Program ini didukung sepenuhnya oleh ictwatch (Internet Sehat), Rumah Tulis, PondokYatim Menulis, Rumah Tulis Hosting, Pondok Pena.

Jika Anda ingin mendukung kegiatan ini berupa sponsorship dalam bentuk apapun, silakan hubungi kami ke :

Transfer BANK MUAMALAT dengan NO. Rekening 601923 912 9773799 atas
nama (In’am al fajar, wonosobo)
untuk yang mau nyumbang hadiah berupa merchandise dikirim ke :
Lukman Muttaqin.
perpustakaan pondok pesantren alhikmah 2
pp. alhikmah 2 benda sirampog brebes jateng 52272
telepon: +6281804743687 atau e-mail:   santri_award@localhost/alhikmah

Disclaimer: Program Santri Award ini terinsprirasi oleh ICTWATCH dalam program Internet Sehat Blog Award, hampir seluruh isi dan konsep mengadopsi program tersebut dengan penyesuaian untuk lingkungan pondok pesantren.



.

34 Comments

  1. Bagus deh sekarang dah kemajuan….jadi lebih seneng ngetik ketimbang FB’an???jadi hasil karya kita kan dibaca orang ???ya gak???

  2. hmmm….
    saya senang mendengarnya
    semoga ini bisa menjadi acuan bahan ngenet santri, agar bisa memanfaatkan internet dijalur yang benar.

  3. Iya nih???Better deh???ketimbang yang laen??But susah daftar’y sih???Mas Lukman ….Nih AQ dah pke nama Asl;i!!!g nama samaran lagi???

  4. Setuju……… tapi yang jadi masalah sekarang adalah apa semua santri itu senang menulis di blog atau ngeblog. sedangkan untuk saat ini semua santri hanya tau internet cuma dalam hal negatipnya saja dan kebanyakan suka PB ( PACEBOOK )………..lalu timbul pertanyaan bagaimana cara kita menubuhkan rasa cinta menulis dalam blog……

  5. uhui…………..y memang bagus bgt tuk mengembangkan bakat santri,tapi realitas santri hanya menggunakan internet hal yang negatif untuk hiburan sajah, santri kebanyakan malz tuk menulis karna baginya menulis hal yang membosankan belum mengenal banyak tentang dunia menulis diblog, jadi kita adakan sosialisasi dipondok.
    (maaf tulisan yang sebelumnya bukan Mr.eL yang nulis, ada orang tak bertanggung jawab mengatasnamakan saya) thanks.

  6. @ahmad

    yahh… kasian santri donk mas. saatnya mereka mengejar ketertinggalan dengan berpacu meraih prestasi.

    kalau alumni ikut bisa kalah terus mereka.

    aku sarankan bagi alumni ikutan yg level umum, yang saat ini masih diadakan oleh ictaward.com / internetsehat.org.

    hadiahnya juga keren2 loh. mulai dari kaos hingga BB.

    eh, ini cuma bantu nimpali aja. tentunya keputusan alumni boleh ikut atau nggak ada di tangan panitia. (nglirik panitia… gimana boz?!)

    lha wong ane ini cuma santri gadungan mas xixixix

  7. Maaf, Melihat kondisi santri yang masih belum mengenal blog, kami masih adakan sosialisasi blog kepada santri dan dukungan dari beberapa pihak terkait seperti ictwath, pengasuh, pembina dll. Maklum mbak… yang nglirik sama web pondok masih sedikit. Termasuk,,,,,,,

    silahkan baca : disini

  8. Mas, kpn donk perpus mengadakan pelatihan blog gratis….???
    biar kami mengikuti lomba santri award…?

    1. Jika kami adakan secara resmi, pasti tempat tak akan cukup. Pelatihan kami adakan setiap hari, siapa yang datang dan meminta langsung kami layani,,, begitu Hamba.

  9. pelatihan mmg bisa diadakan sambil jalan , meski jg sambil curi-curi waktu. tapi tetap upayakan ada pertemuan semacam seminar/sarasehan. karena ngeblog lebih soal spirit, membangun emosi, dll. Berdasar pengalaman beberapa bulan setelah mereka rutin ngeblog biasanya titik jenuh akan menjangkit mereka.

    Nah, lewat acara seminar itu (resmi/casual) para blogger bisa terefresh kembali.

    saya kira teman2 blogger di sekitar pondok (kang pradna, bawar,estiko, dll) bisa membantu memberi hal2 baru ttg dunia blogger.

  10. ok mas, disambut baik sumbangan ilmunya ke Al Hikmah 2, Insya Allah kami rapatkan dengan redaksi localhost/alhikmah. Terimakasih, Senang sekali bisa dibantu anda.

  11. assalamu alaikum…..Mas eL saya mw tanya untuk akun saya utk login koq tdk bz ya..pdhal saya sdah registrasi+verifikasi….kalau mw ikut tp tanpa registari via rumahbuku.com boleh ga..???? alias pke blog pribadi…suwun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button