KegiatanAgenda

Menciptakan Lingkungan Asri di Hari Santri

Benda, Al Hikmah 2 Media- Sebagai salah satu rangkaian acara Hari Santri Nasional 2024, sekaligus bukti partisipasi santri pada bumi, Pondok Pesantren Al Hikmah 2 telah mengadakan Roan Akbar yang diikuti oleh seluruh santri putra dan santri putri, pada Senin, 21 Oktober 2024.

Roan merupakan kegiatan gotong royong santri yang rutin dilakukan setiap hari Jumat. Kegiatan ini rutin dilakukan, tidak lain untuk menjaga kebersihan lingkungan, sesuai dengan salah satu hadis Nabi yang berbunyi;

 الطُهُورُ نِصْفُ الإِيْمَانِ

Artinya: “Kesucian adalah sebagian dari iman.” (HR Muslim)

Selain hari Jumat, roan juga biasa dilakukan setiap akan diadakannya acara-acara besar, seperti Haflah Kubra, Haul Abah, dan Hari Santri Nasional. Roan-roan tersebut dinamakan Roan Akbar, yang berarti roan besar.

Pembagian kelompok roan biasanya disesuaikan dengan jumlah anggota dan kompleknya masing-masing. Namun, tidak untuk roan akbar menyambut Hari Santri Nasional. Pembagian jumlah anggota kelompok pada roan ini lebih banyak dan cakupan wilayah yang akan dibersihkan pun lebih luas.

Adapun wilayah untuk santri putra, yaitu di luar wilayah pondok atau di lingkungan sekitar Desa Benda. Sedangkan, untuk santri putri, seluruh wilayah dalam PonPes Al Hikmah 2, baik wilayah komplek putri maupun wilayah komplek putra. Setiap komplek didampingi oleh beberapa orang pengurus, yang bertugas untuk mendampingi, mengarahkan, sekaligus membantu jika dibutuhkan.

Itulah salah satu bukti partisipasi santri dalam menjaga bumi ciptaan Illahi dan semangat santri dalam menyambut Hari Santri Nasional. Hari yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, untuk mengapresiasi peran para santri dan ulama di Indonesia dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button