BeritaAgenda

Mengaji bersama Guru dari Kota Para Wali

Benda, 20/09/2024- Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Hikmah 2 telah kedatangan tamu spesial, yakni Asyaikh Al Karim Ahmad bin Umar Bafadhol dari Yaman.

Merupakan sebuah kehormatan bagi keluarga besar PonPes Al Hikmah 2 karena telah mendapat kunjungan langsung dari guru besar dari salah satu dzuriah PonPes Al Hikmah 2, Gus Itmamuddin Masruri. Beliau merupakan seorang yang sangat ‘alim dan menjunjung tinggi adabnya kepada ilmu. Kedatangan pertama beliau disambut hangat oleh para dzuriah, santriwan dan santriwati.

Saat baru datang, beliau sempat singgah di ‘Ndalbar (Ndalem Baru)’. Lalu saat waktu shalat maghrib tiba, beliau mengimami para santri untuk melaksanakan shalat berjama’ah. Jama’ah pun berjalan dengan khusyu’.

Dilanjutkan dengan ceramah dari beliau yang diterjemahkan oleh Gus Muhammad Najihudin. Beliau menyampaikan beberapa hal, yang tiga diantaranya yaitu mengenai akhlak, adab, dan thalabul ‘ilmi. Beliau Mengatakan betapa pentingnya adab dan akhlak bagi para pencari ilmu. Dan sangat miris beberapa santri dizaman sekarang, yang tidak menjunjung tinggi adab mereka.

“Banyak dari mereka yang sukses itu karena adab dan akhlak mereka. Adab dan akhlak mereka yang baik dalam thalabul ‘ilmi.” Ucap Syaikh Ahmad kepada para jama’ah.

Kemudian selepas shalat Isya berjama’ah, beliau melanjutkan ceramahnya di kediaman Gus Itmamuddin Masruri. Ini semua dilakukan atas perintah beliau yang ingin suasana mengaji yang lebih tenang. Sehingga, hanya beberapa santri yang ikut mengaji bersama beliau. Kitab yang beliau gunakan adalah Asy-Syamail Muhammadiyah karangan Imam At Tirmidzi.

Itulah beberapa kegiatan para santri saat menyambut kedatangan para ‘alim ‘ulama yang merupakan kesempatan emas bagi mereka. Tentu para santri tidak akan menyia-nyiakan kesempatan mereka untuk terus mengaji dan ber-thalabul ‘ilmi. Karena mencari ilmu memang sudah diwajibkan bagi setiap muslim manapun dan dalam keadaan apapun.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button