artikel santri

Sambut Kelahiran Khoirul Musthofa Dengan Memperbanyak Amalan Mulia

Bulan robi’ul awwal atau yang akrab dengan sapaan bulan maulid/kelahiran Nabi Muhammad SAW, nabi penerang zaman, pemberi cahaya untuk segala peradaban yang kita nantikan syafaatnya di hari yang akan datang, oleh karena itu merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu media untuk mengungkapkan rasa syukur atas karunia Allah SWT yang telah mengutus seorang pembawa kemenangan.

Merayakan bulan maulid pun sudah menjadi tradisi turun menurun di seluruh pesantren di Indonesia, begitu pula pondok pesantren Al Hikmah 2, di Al Hikmah 2 sendiri terdapat rutinan pembacaan kitab Ad Diba’i disetiap harinya yang dilaksanakan oleh para siswa Muallimin di komplek Ibnu Malik , kegiatan ini sudah menjadi tradisi untuk menyambut bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sementara untuk acara akbar atau yang di ikuti oleh seluruh santri Al Hikmah2 dilaksanakan di GOR Al Hikmah 2 secara indoor maupun outdoor yang nantinya akan mengundang habaib untuk mengisi acara tesebut.

Selain itu merayakan bulan maulid itu terasa belum cukup jika hanya diisi dengan pembacaan kitab Ad Diba’i atau Simtuddhuror, di bulan yang mulia ini banyak sekali ganjaran yang dapat kita peroleh, kita di berikan kesempatan untuk meningkatkan ibadah dan amal saleh seperti yang sudah nabi ajarkan kepada kita, seperti mempererat silaturrahmi, memperkuat rasa persaudaraan, memperbanyak sedekah,memperbanyak sholawat dan masih banyak hal positif yang ita bisa lakukan untuk menyambut bulan maulid. Dengan adanya pembacaan Ad Diba’i, simtuddhuror, burdah -pun kita diharapkan bisa merenungi isi dari bacaan-bacaan tersebut karena dari bacaan bacaan tersebut pun kita dapat meneladani akhlakul karimah Nabi Muhammad SAW.

Jika menilik  sejarah ternyata dibulan Rabiul Awwal itu penuh dengan keberkahan dan kebaikan. Kelahiran, hijrah, dan wafatnya Nabi Muhammad SAW terjadi di bulan ini, dan inilah menjadikan bulan ini sangat isitimewa. Hal hal ini lah yang seharusnya dapat membangkitkan rasa semangat umat muslim untuk mengerjakan kesunahan kesunahan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button