Saturday , 23 June 2018
Home / Khazanah / Pentingnya Belajar Ilmu Falak

Pentingnya Belajar Ilmu Falak

Ilmu falak (Astronomi) adalah ilmu yang mempelajari tentang tata lintas benda-benda angkasa (bulan, bumi dan matahari) secara sistematis dan ilmiah, demi kepentingan manusia.

Ilmu falak mempunyai peranan yang penting bagi manusia. Tanpa ilmu tersebut manusia tidak bisa mengetahui apakah hari ini sudah masuk waktu shalat atau belum ? atau ketika shalat apakah sudah menghadap qiblat atau belum ?

Ilmu falak mempunyai peranan yang sangat banyak dalam kehidupan manusia, baik menyangkut masalah ibadah atau yang lainnya. Adapun peranan ilmu falak adalah sebagai berikut :

  • Tanpa ilmu falak, umat Islam akan kesulitan menentukan awal waktu shalat, apalagi kalau terjadi mendung atau hujan. Namun dengan mengetahui ilmu falak seseorang dapat mengetahui awal waktu shalat sesuai dengan tempat yang dikehendaki.
  • Tanpa ilmu falak, umat Islam akan kesulitan dalam menentukan arah kiblat. Dengan dengan ilmu tersebut orang Islam dapat menentukan arah kiblat secara mudah dan akurat, baik menggunakan bantuan alat kompas, theodolit, GPS maupun dengan bayang-bayang matahari.
  • Tanpa ilmu falak, umat Islam akan kesulitan melakukan rukyatul hilal dalam menentukan awal bulan qomariyah khususnya awal bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijah.
  • Tanpa ilmu falak, umat islam tidak dapat mengetahui kapan terjadinya gerhana matahari atau bulan, pada hal ketika tejadi gerhana matahari dan bulan umat Islam disunnahkan untuk melakukan shalat gerhana.

.

About Tim Redaksi

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445