Breaking News
You are here: Home / Khazanah / Kitab Peninggalan Syekh Abdul Qodir Al Jaelani

Kitab Peninggalan Syekh Abdul Qodir Al Jaelani

Oleh : Nur Fatah Sururi*

Tulisan ini saya buat sesaat setelah “Launching Kitab-Kitab Peninggalan Syekh Abdul Qodir al Jailani” di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda. Kitab-kitab karya Syekh Abdul Qodir al Jailani tersebut berhasil dikumpulkan atas usaha keras dan perjuangan Prof. DR. Muhammad Fadhil al Jailani al Hasani, cucu Syekh Abdul Qodir Jailani ke-25 yang berkebangsaan Turki setelah beliau keluar masuk beberapa perpustakaan di berbagai belahan dunia.

Setelah lebih dari 33 tahun cucu syekh Abdul Qodir al Jaelani tersebut keliling perpustakaan di 25 negara untuk meneliti dan mengumpulkan manuskrip tulisan Syekh Abdul Qodir al Jailani, akhirnya diketahui bahwa Syekh Abdul Qodir al Jailani mempunyai lebih dari 100 karangan.

Kebanyakan dari karangan tersebut masih berupa manuskrip dan tersebar di perpustakaan di beberapa negara. Dari manuskrip tersebut, Prof. DR, Mohammad Fadhil telah mengumpulan 28 judul kitab yang kemudian akan diuji keasliannya dan di Tahqiq kandungannya.

Pada tahun 2009, Beliau  sudah mencetak 4 judul yaitu:

1. Tafsir al Jailani

2. Mukhtasor fi Ulumiddin

3. Aurod Syekh Abd Qodir al Jailani

4. Nahrul Qodiriyah

Adapun kitab-kitab yang lain masih dalam proses Tahqiq dan beliau menyampaikan dalam waktu dekat akan menerbitkan beberapa kitab yang lainnya.

Selain berupaya untuk terus mengumpulkan naskah-naskah karangan Syekh Abdul Qodir al Jailani yang masih tercecer di berbagai perpustakaan, Prof. DR. Mohammad Fadhil juga terus melakukan pengenalan dan launching kitab-kitab tersebut di berbagai negara seperti di Mesir, Indonesia, dll.

Penemuan kitab-kitab ini terbilang fenomenal karena Syekh Abdul Qodir al Jailani yang lebih dikenal sebagai tokoh sufi, thoriqoh dan ahli hikmah ini ternyata memiliki karya-karya dalam fan lain seperti Tafsir dan Fiqh.

*Ma’had Aly Al-Hikmah , 2010

Sumber : nurfatahsururi.wordpress.com

About Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top