Home / Santri Menulis / Pohon Tin di Al-Hikmah 2

Pohon Tin di Al-Hikmah 2

Oleh : Sudomo

Pohon Tin adalah salah satu daya tarik tersendiri di Pondok Pesantren Al Hikmah 2, Dahulu, setiap ada kunjungan tamu , pohon Tin selalu di perkenalkan Pengasuh, Al-Maghfurlah KH. Mochammad Masruri Abdul Mughni, karena pohon ini di Indonesia terhitung sangat langka dan hanya tumbuh subur di daerah Damaskus karena kondisi iklim yang cocok.

Pohon Tin sendiri di tidak ada di tanah Hijaz dan Madinah sehingga tidak ada pembahasan di hadits-hadits Nabi. Buah Tin didalam Al Qur’an dijadikan kalimat sumpah disamping dengan pohon Zaitun, hal ini menunjukan banyaknya manfaat dan faedah dari buah Tin.

Manfaat Buah Tin:

1.untuk penyakit sesak nafas.

2.untuk sakit leher

3.untuk menghilangkan riak/dahak

4.mengenyangkan perut

5.menghilangkan rasa haus.

6.melancarkan buang air kecil.

7.mengobati penyakit lemah persendihan

8.memudahkan pencernaan makanan, khususnya jika dicampur dengan buah jeruk.

dampak yang kurang baik dari mengkonsumsi bua Tin bisa mengakibatkan gatal-gatal apabila terlalu banyak

Budidaya pohon Tin di pesantren Al Hikmah 2 dikelolah oleh lembaga LM3 (Lembaga Mandiri yang mengakar di masyarakat) yang tahun 2008 mendapat penghargaan sebagai LM3 terbaik tingkat nasional, untuk sementara ini pohon Tin yang tumbuh subur berada di lokasih samping Masjid An-nur sebelah utara.

Karena keberadaannya yang sangat strategis sehingga pohon Tin ini setiap berbuah tidak sampai masak sudah diambil anak-anak santri. selama keberadaan pohon Tin di Al Hikmah 2 pohon tin ini dapat berbuah tidak mengenal musim, namun dapat tumbuh subur disaat musim kemarau dimusim hujan buah tin tidak bisa masak walaupun masak tapi busuk. selama mengurus pohon Tin kendalanya adalah adanya ulat daun yang mengherankan ulat tersebut hanya menyerang daun pohon Tin saja padahal disampingnya banyak pohon-pohon yang lain.

Bagi anda yang berminat dengan pohon Tin dapat mendatangi pondok pesantren Al Hikmah 2 yang berlokasi di desa Benda, kecamatan Sirampog,kabupaten Brebes.

*Takmir Masjid An-Nur, Kini tinggal di Subang

sumber gambar : rumahpohontinarcamanik.blogspot.com

About Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *