Home / Khazanah / Tips Jitu Anti Kantuk Saat Pasaran Ramadhan

Tips Jitu Anti Kantuk Saat Pasaran Ramadhan

Di kalangan santri, masalah kantuk saat belajar memang menjadi sesuatu yang sulit diatasi, kecuali bagi mereka yang mempunyai kemauan besar. Oleh itu, sebelum mencoba trik anti kantuk ini, terlebih dahulu para santri dipaksa untuk mampu memiliki sebuah keyakinan untuk tidak kantuk. Iya, sebuah keharusan bagi para santri untuk belajar dengan tekun, agar dapat maksud dari tujuan belajar tersebut.

Apalagi di bulan Ramadhan, ada momen pengajian pasaran, yang seharusnya para santri memanfaatkan momen tersebut dengan baik, caranya dengan tekun mangaji, murojaa’ah, dan mengamalkanya. Dan bagaimana jika mengajinya mengantuk? Bukankah sesuatu yang sangat disayangkan?.

Dahulu mengaji adalah sesuatu yang menyenangkan, akantetapi di zaman sekarang ini bagaimana dengan predikat mengaji? Masihkah menyenangkan? Disadari atau tidak, sudah banyak yang dianggap lebih menyenangkan daripada mengaji, seperti gadget, laptop dan media lainya.

Sekarang mengaji dikenal sebagai sesuatu yang sulit, bahkan pahit. Maka benar apa yang ditulis oleh Imam Al Ghozali, penjelasanya: mayoritas manusia itu condong hatinya kepada sesuatu yang mudah, sesuai dengan tabiat-nya, karena kebenaran itu pahit dan payah untuk tegakkan.

Sebagai seorang santri kita harus kuat menjaga tradisi mengaji seperti yang dilakukan oleh guru-guru kita, mengaji kitab para ulama. Sebagai tuntunan bagi kita memahami dan mengamalkan Al Qur’an dan Hadits dengan baik dan benar. Lewat kitab para ulama tersebutlah, kita dapat selamat dari penipu-penipu di jalan Allah SWT, tahukah kita siapa penipu-penipu di jalan Allah SWT? (akan dibahas pada judul selanjutnya).

Selama kita masih berada di pesantren, mari kita manfaatkan pengajian pasaran ini dengan baik, dengan semangat kesantrian, dengan sabar kita pasti mampu mengatasi kantuk saat pengajian pasaran. Dan ada hal lain yang harus kita ketahui, tidak akan berarti usaha ikhtiar sekuat diri tanpa adanya doa dan tawakkal kepada Allah SWT.

Sebelum kita bahasa tips untuk menghilangkan ngantuk, sekarang kita akan mencari tahu terlebih dahulu, mengenai hal-hal yang bisa menjadi penyebab mengapa kita bisa ngantuk?

Kurang Olahraga/ Aktifitas

Gejala Anemia

Gampang mengantuk, juga dapat disebabkan oleh gejala anemia (kekurangan sel darah merah). Karena anemia, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen adalah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Untuk mengetahuinya, Anda harus melakukan pemeriksaan darah. Jika hasilnya oke, bisa jadi Anda mengantuk karena memang kurang tidur atau kualitas tidur Anda buruk.

Gejala Prediabetes

Menurut para ahli kedokteran, bisa jadi terkena gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami berlebihannya insulin, sehingga kadar gula darah turun drastis. Untuk itu, amatilah gejala prediabetes, seperti mudah haus dan sering ingin buang air kecil. Jika dibiarkan, prediabetes bisa menjadi diabetes. Namun, untuk memastikannya, jalani dulu pemeriksaan darah ke dokter.

Inilah wujud usaha kita untuk tidak ngantuk saat pasaran Ramadhan:

Setelah kita mengetahui apa saja hal yang bisa menjadi penyabab ngantuk, sekarang saatnya saya berbagi tips bagaimana cara mengusir rasa ngantuk supaya anda bisa melek hehe. Ok tanpa basa-basi, silahkan simak beberapa tips jitu mengatasi ngantuk berikut ini :

Berolahraga Ringan di Pagi Hari

Kebanyakan orang apalagi santri sering meremehkan pentingnya olahraga dengan berbagai alasan seperti terlalu sibuk dengan kegiatan lain sebagainya. Sehingga mereka lebih memilih untuk tidak melakukan olahraga yang jelas-jelas sangat penting.

Walaupun anda sedang berada di komplek, sebenarnya anda tetap bisa melakukan olahraga ringan untuk membuat detak jantung lebih cepat. Sehingga akan memberikan oksigen lebih banyak untuk tubuh dan tubuh Anda. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga. Anda juga bisa lari-lari di lapangan. Lakukan sampai Anda berkeringat agar anda tidak ngantuk lagi

Olah otak / Paksa otak anda bekerja

Jika anda selalu merasa cepat ngantuk saat belajar, mungkin itu terjadi karena otak anda dalam keadaan yang terlalu rilek. Mengisi Teka Teki silang (TTS) atau main Sudoku mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengolah otak anda. Selain itu, Anda juga bisa adu cepat belajar dengan teman lain. Sehingga otak anda akan dipaksa bekerja dan membuat tubuh anda menjadi lebih bersemangat

Cobalah ganti posisi duduk anda

Jika anda masih ngantuk juga, mungkin posisi duduk Anda yang kurang tepat. Karena cara duduk yang salah juga bisa jadi penyebab rasa kantuk. Anda bisa mencoba duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki, atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi. Selain itu anda bisa berjalan sambil ke toilet mungkin untuk sekedar cuci muka.

Gunakan Wangi-wangian

Anda juga bisa mencoba cara berikut ini. Bawalah selalu parfum, jika anda ngantuk anda bisa menglekan parfum tersebut di pergelangan tangan anda atau di awah hidung anda Hindari wangi lavender, karena Anda akan lebih ngantuk dibuatnya. simple kan?

Mengingat Kedua Orang Tua

Cara terakhit yang mungkin bisa anda lakukan yaitu mengingat kedua orang tua Anda, karena akan membuat Anda terjaga. Mungkin karena ikatan emosional antara Anda dan kedua orang tua Anda. Lagipula, baik juga bagi Anda untuk sering mengingat orang tua. Anda bisa mengingat usaha kedua orang tua menempatkan Anda di pesantren.

Perhatikan Makanan dan Minuman

Ternyata mengantuk juga dapat disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi lho. Oleh sebab itu, sebelum beraktivitas ada baiknya jika Anda memperhatikan betul makanan dan minuman yang Anda konsumsi agar tak memberikan efek yang negatif. Seperti susu, buah pisang, kacang almond, makanan berminyak dan teh hijau. Dan ingat jangan makan terlalu kenyang, karena juga menyebabkan ngantuk.

Bermuroja’ah Pengajian Kemarin

Bermuroja’ah (membaca kembali) juga termasuk sebagai salah satu kunci untuk menunda rasa ngantuk, barangkali sambil menunggu kiyainya rawuh. Gunakanlah waktu-waktu anda dengan banyak bermuroja’ah atau membaca pengajian kemarin yang sudah dikaji bersama abah kiyai.

Manfaat yang diambil dari muroja’ah ini, banyak sekali lho? Pokoknya coba aja deh, dan jangan lupa yang istiqomah ya?. Insyaallah berkah dan manfaat.

Gunakan Pakaian yang Rapih dan Bersih

Pakaian yang anda pakai akan mempengaruhi kenyamanyan dan konstentrasi anda dalam belajar, dengan pakaian rapih dan bersih terlihat anda lebih bersungguh-sungguh. Berpengaruh juga pada kebiasaan anda nanti ketika bergaul dengan masyarakat. Sehingga santri tidak lagi dikenal dengan penampilan yang kotor, dengan kesederhanaannya, santri juga bisa tampil rapih dan bersih.

About Santri Alhikmahdua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *