Home / Berita / Tiga Ulama Yaman Kunjungi Pesantren

Tiga Ulama Yaman Kunjungi Pesantren

Kebahagiaan besar terpancar dari bumi Pesantren, sore tadi (15/02) tiga orang ulama Yaman berkunjung ke Pesantren Al Hikmah 2. Beliau bertiga adalah, Syekh Ali Ba’atiyyah, Habib Sayyid Ali Al Hamid, serta Habib Umar Al Haddad. Sekitar pukul 15.00 WIB, ketiga ulama Yaman tersebut tiba di komplek Pesantren Al Hikmah 2.

Usai istirahat sejenak di ndalem Pengasuh, ketiga Syeikh kemudian menemui para santri di Masjid An Nur. Dipandu oleh Almukarom KH. Mukhlas Hasyim, MA, secara bergantian ketiga Syeikh memberikan mau’idhohnya.

“ Alhamdulillah, agama Islam masih dalam kondisi bagus, selama masih ada wajah-wajah di depan saya yang memperjuangan akidah yang shahih. Akidah ahlussunnah wal jama’ah, akidah ahlu bait seperti yang diajarkan para ulama, InsyaAllah Islam masih dalam keadaan baik” tutur Habib Umar membuka ceramah Beliau.

Habib Umar mengetengahkan pentingnya ilmu dalam kehidupan setiap muslim.

“ Sangat banyak bisa kita temukan, dalam Al Qur’an dan Hadis Nabi ayat yang menerangkan tentang ilmu, saking pentingnya ilmu, bahkan setelah perang badar, mereka para tawanan perang itu oleh Rasulullah dimintai untuk mengajar anak anak Islam sebagai tebusan agar mereka bisa lepas”

“ Ilmu sudah tentu harus diambil dari sumbernya yang benar, ilmu harus diambil dari para guru, dari para masyayikh, ilmu tidak bisa (sekedar) diambil dari shahifah dari buku, karena kemungkinnan akan tersesat”

“ Sebagai contoh bahwa ilmu harus diambil dari guru, saya ambil contoh di dalam Al Qur’an saya ambil kata alif lam lim sama tulisannya dengan alam, bisa juga kha mim ‘ain siin qof dibaca hamsaq. Karena ilmu sudah pasti harus didadapatkan dari mendengar langsung. Guru pertama yang diambil yang dijadikan oleh sahabat adalah Rasulullah Saw” jelas Habib Umar

Usai Habib Umar, mau’idhoh dilanjutkan oleh Habib Ali Al Hamid, kemudian di akhiri oleh Syekh Ali Ba’atiyyah.

Mendekati pukul lima sore, mau’idhoh pun dicukupkan. Hadirin pun kemudian mengerjakan shalat ashar berjamaah. (JA)

About Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.