Berita

Santri Ikuti Pelatihan Jurnalistik Nasional

Dua orang santri Al Hikmah 2, Ade Irawan dan In’am Al Fajar berkesempatan mengikuti pelatihan Jurnalistik Pesantren Nasional. Acara yang terselenggara berkat kerjasama Direktorat Pendidikan Diniyah Pesantren, Kementrian Agama RI dan Harian Kompas ini berlangsung selama 3 hari (20-22 Oktober). Bertempat di Hotel Mega Anggrek Jakarta Barat, tema pelatihan kali ini berupaya mengangkat judul “ Meningkatkan Jurnalis Santri Yang Profesional dan Bermoral.

Tidak kurang 35 santri, jurnalis dari 16 pesantren di Indonesia menyemarakkan pelatihan ini. Para Peserta pelatihan oleh Tim Diklat Kompas diajari berbagai hal terkait ilmu kejurnalistikan. Mulai dari teknik pembuatan berita, hard news, soft news hingga feauture.

Tak hanya materi, para santri ini pun dilatih untuk membuat koran sederhana. Seluruh santri dibagi atas kelompok kecil terdiri dari tujuh orang. Dan setiap kelompok ini diberi tugas untuk menyusun satu kaca berita seukuruan koran pada umumnya.

Selain tentang pembuatan berita, dalam kesempatan itu juga disampaikan teknis penulisan artikel oleh Khamami Zada. Seorang penulis, yang juga merupakan dosen UIN Jakarta serta peneliti di lakspedam NU.

“Dalam kesingkatannya, Pelatihan ini dihapkan dapat menambah keilmuan jurnalistik dikalangan jurnalis pesantren” tutur FA Santoso, ketua diklat Tim Kompas.

.

Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button