Home / MMA

MMA

VISI

Mencetak siswa bertafaqquh fi ad din dan mandiri dalam berdakwah

MISI

Memiliki kemampuan untuk memahami kitab-kitab kuning

Mewarisi tradisi ulama-ulama terdahulu

Memiliki kemandirian dalam berpikir dan berkarya

TUJUAN

  • Mampu menjabarkan kandungan kitab-kitab kuning
  • Mampu mengaplikasikan kandungan kitab-kitab kuning dalam kehidupan sehari-hari
  • Berkomitmen tinggi terhadap ajaran agama
  • Mengedepankan kepentingan umat
  • Memiliki kemampuan memecahkan masalah-masalah baru dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Memiliki kontribusi dalam pengembangan masyarakat

TARGET DAN SASARAN

  1. Mampu menghafal Al Qur’an
  2. Menguasai Ilmu Qawaid Arabiyyah
  3. Menguasai Ilmu Fiqh, Tauhid, Tafsir dan Hadits
  4. Menghatamkan semua materi
  5. Siap dimunaqosyahkan pada setiap akhir dirasah
  6. Siap mengajar dan berbakti kepada masyarakat

SEKILAS MADRASAH MUALLIMIN MUALLIMAT AL HIKMAH 2

 Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 adalah lembaga pendidikan formal pesantren Al Hikmah atau lebih dikenal dengan Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 (MMA 2). Madrasah ini berdiri pada tahun 1966 M. yang diprakarsai oleh KH. Moch. Masruri Mughni sebagai pengasuh generasi ketiga sepulang dari Tambak Beras, tempat belajarnya.

Tujuan utama madrasah ini adalah membentuk para pendidik dan da’i dari kalangan laki-laki dan perempuan. Pendidikan ini dengan menggunakan metode pesantren salaf, sehingga kurikulumnya menekankan kepada ilmu-ilmu alat dan ilmu-ilmu keislaman. Hal ini sangat beralasan, karena seiring globalisasi pendidikan, termasuk pendidikan pesantren, telah banyak mengubah wajah dan nuansa pembelajaran di pesantren. Akibatnya banyak santri yang kerepotan dalam membaca dan memahami kitab klasik (kuning).

Namun demikian, kini Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 dalam perkembangannya tetap dan selalu memperhatikan iklim dan kondisi masyarakat terhadap peran para santri. Karena itulah Madrasah Muallimin Muallimat terus melakukan inovasi-inovasi metode dan program demi mencapai harapan orang tua dan masyarakat.

Belajar di Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 ditempuh selama enam tahun, dimana untuk kelas I sampai kelas III masuk dalam Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Tingkat Wustha atau setingkat MTs/SMP dan yang sederajat, dan untuk kelas IV sampai kelas VI masuk pada Pendidikan Tingkat Ulya atau setingkat dengan MA/SLTA dan yang sederajat, sehingga dapat digunakan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta di dalam maupun luar negeri. Hal tersebut untuk menjawab era transformasi dan komunikasi global melalui proses-proses pencerahan dengan kegiatan yang merupakan perpaduan antara ilmu-ilmu agama dengan garapan-garapan pengetahuan umum melalui program unggulan seperti bahtsul masail fiqhiyah, sastra arab, halaqah, Lembaga Pemberdayaan Perempuan (LPP) dan program spesifikasi komputer serta pelatihan-pelatihan sebagai bekal pengembangan skill siswa/siswi.

Disisi lain Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 sebagai lembaga pendidikan salafiyah formal di pesantren belum mendapat apresiasi maksimal dari pemerintah baik kelengkapan sarana prasarana, Bantuan Khusus Guru ( BKG ) maupun Bantuan Insentif  Guru pada Madrasah-madrasah khususnya di Madrasah  Muallimin Muallimat Alhikmah 2 Benda.

 

PROGRAM UNGGULAN

Untuk memenuhi target dan cita-cita pendirinya, Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 (MMA 2) mengadakan kegiatan-kegiatan khusus :

  1. Musyawarah dan Bahtsul Masail Fiqhiyyah
  2. Musyawarah Harian

Program ini adalah program wajib bagi semua siswa. Kegiatan ini dilakukan setiap hari dari pukul 16.00 sampai dengan 17.30, dengan cara menunjuk seorang siswa untuk setiap pelajaran agar menjadi pembaca dan dilanjutkan dengan munaqasyah (diskusi).

  1. Bahtsul Masail Fiqhiyyah

Adalah program penunjang dalam memupuk kekritisan dan ketajaman pemikiran keagamaan siswa. Dengan program ini diharapkan semua siswa bisa menyelesaikan masalah-masalah keagamaan dengan bijak dan maslahat.

  1. Hafalan nadzam Ilmu Nahwu

Ilmu Nahwu dan Sharaf ibarat ayah dan ibu semua ilmu agama. maka,  MMA 2 sangat menekankan keberhasilan siswa dalam memahami kedua ilmu itu dengan cara menghapalkannya.

Di samping pemahaman rutin yang harus dikuasai oleh siswa dalam setiap pelajaran, menghafal nadzam-nadzam ini, kini ditetapkan sebagai syarat kenaikan kelas dan kelulusan. Berikut hafalan yang menjadi syarat kenaikan dan kelulusan :

Kelas  I          : Nadzam Hidayat al Sibyan

Kelas II          : Nadzam ‘Imrithy

Kelas III        : Nadzam Alfiyah Ibn Malik 1-350 bait

Kelas IV        : Nadzam Alfiyah Ibn Malik 350-700

Kelas V          : Nadzam Alfiyah Ibn Malik 701-1000

Kelas VI        : Nadzam Alfiyah Ibn Malik 1000 bait

Muhafadzah ini terus dilaksanakan secara masal (kubro) dari tingkat SP (Sekolah Persiapan) sampai kelas VI (enam).

  1. Tahfidzul Qur’an

Program ini baru dimulai tahun 2014 dan dimulai dari kelas III – VI dengan tarjet lulus dari MMA 2 anak mampu membaca kitab dan menghafal Al Qur’an.

 

EKSTRA KURIKULER

  • Komputer

Sekalipun madrasah salaf, tetapi kami menginginkan lulusan MMA2 sejajar dengan lulusan sekolah lain. Karena itulah mulai tahun pelajaran 2005/2006 dibuka program spesifikasi Komputer.  Sehingga dalam hal ini kami punya semangat : mengaji, sekolah sambil kursus, bukan sebaliknya. karena kalau dibalik akan menghancurkan nilai-nilai kepesantrenan dan sekaligus merubah posisi pesantren menjadi kos-kosan.

  • Pelatihan dan Seminar

Untuk menambah dan menguatkan keterpaduan/kemampuan ilmu agama dengan ilmu kemasyarakatan yang lebih aplikatif, MMA 2 membuat program pelatihan para da’i/daiyah, pelatihan jurnalistik, retorika, protokoler dan pelatihan-pelatihan yang diprogram minimal tiga bulan sekali atau empat kali dalam satu tahun.

  • Diskusi dan Halaqah

Program ini bertujuan untuk membekali para siswa dengan keterampilan dan wawasan keilmuan, maka mulai tahun pelajaran 2005-2006 MMA 2 membuat program dan kegiatan bulanan yaitu diskusi dan halaqah.

Diskusi ini mendatangkan nara sumber atau tutor dari luar pesantren dan dengan tema yang berbeda, seperti Leadership, Sosiologi Dakwah, Retorika Dakwah, Psikologi Dakwah, Islam dan pemberdayaan perempuan (Gender), Relasi hidup sehat wanita dan prestasi belajar, Kemasyarakatan dan lain-lain.

  • Lembaga Pemberdayaan Perempuan (LPP)

Lembaga yang didirikan  tahun 2006 oleh alumni dan OSIS MMA 2 memiliki cita-cita dan semangat tinggi dalam bidang dakwah dan pemberdayaan perempuan dalam bidang dakwah dan pendidikan.

Ide itu lahir karena banyaknya alumni MMA 2 yang memiliki kemampuan Ilmu Agama, tapi tidak mau tampil di masyarakat. Sementara soal ‘keperempuanan‘ masa kini semakin komplek dan sangat membutuhkan wadah penyelesaian.

Karena itulah, lembaga ini dibentuk sebagai ajang silaturrahmi dan media dakwah alumni MMA di daerah masing-masing.

Dan di Madrasah lembaga ini dikelola oleh OSIS dengan mengadakan halaqah, diskusi dan seminar seputar fiqih wanita di sekolah-sekolah formal baik negeri maupun swasta dan organisasi wanita di wilayah Brebes dan sekitarnya.

METODE DAN WAKTU BELAJAR

  1. Metode Belajar

Metode belajar di MMA adalah metode wetonan seperti pada umumnya pesantren   salaf ; guru membaca, murid ngabsahi (memberi makna). Dan melalui metode sorogan ; murid membaca teks dan memaknai setiap kata di depan ustadz atau guru.

Dan dalam setiap belajar guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menerangkan pelajarannya. Hal ini bertujuan untuk menilai kemampuan dan kebenaran pemahaman siswa.

  1. Waktu Belajar

07.05 – 07.30     Membaca Al Qur’an

Muhafadzah Imrity/Alfiyah

07.30 – 12.15     Kegiatan belajar Mengajar (KBM)

16.00 – 17.30     Musyawarah

08.00 – 10.00     Muhafadzah Umum  kelas I – VI (setiap Jum’at pagi)

Dengan demikian MMA merupakan  sekolah yang masuk pagi dan mewajibkan membaca Al Qur’an sebelum belajar.

SYARAT DAN WAKTU PENDAFTARAN

Syarat-syarat :

  • Mengisi formulir
  • Menyerahkan foto cofy STTB  terakhir yang telah dilegalisir sebanyak dua lembar
  • Meyerahkan foto cofy SKHU/STK sebanyak dua lembar
  • Meyerahkan foto cofy KK sebanyak dua lembar
  • Pas foto hitam putih 3 x 4 = 6 lembar
  • Membayar administrasi
  • Diantar orang tua/wali

Waktu Pendaftaran :

  1. Pendaftaran dimulai bulan Mei – Juni – Juli setiap tahunnya
  2. Pendaftaran Kelas Reguler (SP/Sekolah Persiapan) dibuka setelah penutupan kelas intensif sampai bulan Januari setiap tahunnya.

Tempat Pendaftaran :

  1. Kantor Muallimin Muallimat Al Hikmah 2
  2. Pondok Pesantren Al Hikmah 2

TEST MASUK

Bagi calon siswa MMA 2 wajib mengikuti test masuk (penentuan kelas).

Jika dinyatakan lulus, maka siswa berhak masuk kelas I MMA (atau sesuai kemampuan). Dan di akhir tahun ajaran, siswa akan mendapatkan sertifikat lulus. Dan akan diadakan ujian seleksi kemampuan untuk menentukan kelas yang akan dipilih. Materi yang akan diujikan adalah :

  1. Materi test tulis : Nahwu Sharaf

Insya’

  1. Materi test lisan : Al Qur’an

Fashalatan

Qiraatul Kutub

5 comments

  1. Assalamua’laikum wr wb..

    punten..Ust,kl d ma’had alhikmah2 bisa menerima santri pindahan tidak(untuk mondok/sekolah SMA/MA…kebetulan adik saya sekarang sdh mondok plus sekolah jg…tp rencananya semester genap pindah krn bbrp hal…demikian trims..

    • wa’alaikumsalam,
      untuk SMA & MMA bisa menerima pindahan, tapi untuk SMK & MA tidak menerima karena ada program kejuruan & terpadunya.

  2. assalam mualaikum wr. wb

    pak kalau saudara saya tertarik melakukan penelitian di MAK sirampog…. per izinana nya bagaimana ya…. maaf sebelum nya, boleh tau ndak,, prestasi yang dari MAK sendiri apa saja

    • silahkan bisa langsung saja datang saja ke pesantren, sekalian taárufan dan silaturrahim ke pengasuh, nanti akan diarahkan.
      terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.