Agenda
Trending

Agenda kegiatan MMA

  • Haflah Tasyakur Wal Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik Dan Amrithi

Haflah Tasyakur Wal Ikhtitam Alfiyah Ibnu Malik Dan Amrithi merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 dan juga termasuk ke dalam acara inti agenda kegiatan tahunan. Khataman ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT atasa terselesikannya khotimin khotimat kelas 2 dalam menghafal Amrithi dan khotimin khotimat kelas 6 dalam menghafal Alfiyah Ibnu Malik serta telah selesainya masa tempuh pendidikan di Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2. Acara ini disaksikan oleh wali murid kelas 6 dan kelas 2, asatid wal ustadzat, serta santri dan santriwati Ponpes Al Hikmah 2.

Adapun tempat pelaksanaannya adalah di GOR Al Hikmah 2, sedangkan waktu pelaksanannya yaitu pada akhir bulan Sya’ban menjelang bulan Ramadhan.

  • Praktek Mengkafani Mayit

Dalam pengembangan ilmu fikih, tidak hanya teori saja yang dipelajari, namun secara realnya pun harus dipahami dan dimengerti juga. Oleh karena itu, Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 mempunyai beberapa kegiatan yang berkaitan dengan Ilmu Fikih Salah satunya adalah praktek mengkafani mayit. Dengan tujuan, setelah mengerti Ilmu Fikih secara teoritis dan tekstualis, siswa siswi Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 bisa mengamalkan dan mempraktekannya dalam kehidupan bermasyarakat.

  • Seminar

Kegiatan berbasis Ilmu pengetahuan secara umumnya dalam lingkup Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 dikategorikan sebagai acara tahunan yaitu acara seminar yang sudah berjalan dari beberapa tahun lalu. Seminar ini biasanya mendatangkan narasumber yang berasal dari luar lingkungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Hikmah 2 yang kini telah sukses.

Bagi siswa siswa Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 diharapkan bisa mengambil hikmah dari acara ini. Selain mengerti Ilmu Agama Islam secara terperinci, siswa siswi Madrasah Muallimin Muallimat Al Hikmah 2 juga bisa memetik buah perbincangan dengan narasumber guna menambah wawasan dan juga bisa dijadikan bahan perbandingan antara pendapat kita sebagai orang yang belum terjun dalam kehidupan masyarakat dengan pendapat narasumber yang sudah terjun langsung dalam bermasyarakat.

  • Musyawarah

Adalah kegiatan rutinan, yang dilaksnakan pada sore hari pukul 04.00 s/d 05.30 WIB . Musyawarah ini, dilakukan di kelas masing-masing, yaitu  membahas ulang pelajaran-pelajaran yang sudah di sampaikan waktu sekolah.  biasanya ada satu anak/perwakilan yang maju ke depan untuk menerangkan pelajarannya. Atau juga bisa berkelompok, dan dalam satu kelompok itu ada satu anak yang menjelaskan dengan cara bergilir. Disesuaikan dengan metode kelasnya masing-masing.

  • Belajar Malam

Yaitu aktifitas rutin, yang dilakukan pada malam hari, tepatnya pada pukul 09.30 s/d 10.00 WIB . Belajar malam ini dikelompokan sesuai kelasnya masing-masing. kegiatan ini bertujuan, membahas pelajaran yang masih terasa  sulit secara bersama.

  • Mauqufah

Merupakan kegiatan bulanan. Kegiatan ini, dilakukan dengan mengumpulkan berbagi soal/masalah fiqih yang dialami masyarakat setempat. Setiap kelas mulai dari kelas 3 s/d 6 wajib menyetorkan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kemudian soal demi soal disaring hingga terpilihlah soal-soal yang akan diulas bersama.

Selanjutnya, soal yang sudah dipilih tersebut dibagikan perkelas untuk dicarikan jawabannya, biasanya di beri waktu satu minggu untuk menyesaikan soal tersebut. Saat mauqufah berlangsung perwakilan kelas wajib menghadirinya,dan dihadiri juga oleh para perumus fiqih, disitulah kami bertukar pendapat,mendebatkan jawaban yang telah dicari dengan berbagi dalil dari kitab-kitab yang ada. Sampai terjawablah permasalahan tersebut.

  • Mukhafadzoh Mingguan
                
     Mukhafadzoh adalah pembacaan nadzom hafalan, kegiatan mukhafadzoh ini dilakukan seminggu sekali pada hari sabtu pagi sebelum pelajaran. Yaitu pukul 07.00 sampai 07.30 yang bertempat di lapangan Madrasah Muallimin Muallimat
    adapun nadzom yang dibacakan :
    Kelas Sp            : Nadzam Hidayat al Sibyan
    Kelas I, II,       : Nadzam ‘Imrithy
    Kelas III,IV,V,VI : Nadzam Alfiyah Ibnu Malik.
  • Senja Santri
               
    Kegiatan senja santri ini diadakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Muallimin Muallimat, senja santri ini merupakan kegiatan membaca kitab sesuai kelasnya masing masing, yang bertempat di lapangan Madrasah Muallimin Muallimat pada waktu setelah musyawaroh yakni pukul 17.10 sampai 17.30
  • Bahtsul Kutub

    Bathsul Kutub ini merupakan kegiatan rutin satu minggu sekali pada malam ahad setelah madin malam dengan kitab Fathul Mu’in, yang diikuti oleh santri kelas IV,V,dan VI. Pada kegiatan ini adanya moderator sebagai penulis berlangsungnya kegiatan dan Qori sebagai pembaca kitabnya, dan dilanjutkan dengan berbagai macam pertanyaan.
  • Bahtsul Masail

    Bahtsul Masail ini merupakan program penunjang dalam memupuk kekritisan dan ketajaman pemikiran keagamaan siswa. Dengan program ini diharapkan semua siswa bisa menyelesaikan masalah-masalah keagamaan dengan bijak dan maslahat. Dalam program ini ada 2 macam:
  • Bahtsul Masail Sughro (Kecil) : yaitu yang pesertanya santri dari beberapa lembaga yang ada di pondok pesantren Al Hikmah 2.
  • Bahtsul Masail Kubro (Besar) : yaitu yang pesertanya dari beberapa pondok pesantren di daerah Brebes.


pen. Indah Eka Wulandari, Mela khusnunnajda Agustin, liza nadzirotul Laeli

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button