Agendaartikel santriBeritaDawuh AbahKegiatanPesantren KamiSantri MenulisSerambi Pesantrentokoh muslimUncategorized

๐๐„๐‘๐ˆ๐๐†๐€๐“๐€๐ ๐‡๐€๐”๐‹ ๐Š๐„-๐Ÿ๐ŸŽ ๐€๐‹๐Œ๐€๐†๐‡๐…๐”๐‘๐‹๐€๐‡ ๐Š๐‡.๐Œ๐Ž๐‡.๐Œ๐€๐’๐‘๐”๐‘๐ˆ ๐๐ˆ๐ ๐Š๐‡. ๐€๐๐ƒ๐”๐‹ ๐Œ๐”๐†๐‡๐๐ˆ, ๐๐˜๐€๐ˆ ๐‡๐‰. ๐€๐ƒ๐™๐Š๐ˆ๐˜๐€ ๐๐ˆ๐ ๐Š๐‡. ๐Œ๐ˆ๐…๐“๐€๐‡ ๐Š๐„-๐Ÿ๐Ÿ“, ๐Š๐„๐‹๐”๐€๐‘๐†๐€ ๐ƒ๐€๐ ๐Œ๐€๐’๐˜๐€๐˜๐ˆ๐Š๐‡

Keluarga besar KH. Masruri bin Abdul Mughni

AlhikmahduaNet-

๐Œ๐‚ ( Pembawa Acara ) : KH. Achmad Shiddiq ( Gus Ammak )

๐’๐ฎ๐ฌ๐ฎ๐ง๐š๐ง ๐€๐œ๐š๐ซ๐š ๐‡๐š๐ฎ๐ฅ ๐€๐›๐š๐ก

  1. ๐๐ž๐ฆ๐›๐ฎ๐ค๐š๐š๐ง
  2. ๐๐ž๐ฆ๐›๐š๐œ๐š๐š๐ง ๐’๐ฎ๐ซ๐š๐ก ๐˜๐š๐ฌ๐ข๐ง ๐๐š๐ง ๐“๐š๐ก๐ฅ๐ข๐ฅ
    ๐Ž๐ฅ๐ž๐ก : KH. Abdul Khalim dan Habib Abdullah Al-Hadad
  3. ๐’๐š๐ฆ๐›๐ฎ๐ญ๐š๐ง ๐”๐ญ๐š๐ฆ๐š ๐ƒ๐š๐ซ๐ข ๐๐ข๐ก๐š๐ค ๐Š๐ž๐ฅ๐ฎ๐š๐ซ๐ ๐š
    ๐Ž๐ฅ๐ž๐ก : KH. Sholahuddin Masruri ( Pengasuh YPPP. Al-Hikmah 2 )
  4. ๐Œ๐š๐ฎ`๐ข๐๐ก๐จ๐ญ๐ฎ๐ฅ ๐Š๐ก๐š๐ฌ๐š๐ง๐š๐ก
    ๐Ž๐ฅ๐ž๐ก : KH. Marzuki Mustamar ( Ketua PWNU Jawa Timur dan Pengasuh PP. Sabilur Rasyad Gasek Malang )
  5. ๐๐ž๐ง๐ฎ๐ญ๐ฎ๐ฉ ๐Ž๐ฅ๐ž๐ก : Al Habib Amin Al-Athas

๐ˆ๐ฌ๐ข ๐’๐š๐ฆ๐›๐ฎ๐ญ๐š๐ง ๐Š๐‡. ๐’๐ก๐จ๐ฅ๐š๐ก๐ฎ๐๐๐ข๐ง ๐Œ๐š๐ฌ๐ซ๐ฎ๐ซ๐ข ( ๐€๐›๐š๐ก ๐’๐ก๐จ๐ฅ๐š๐ก )

Kalau ditanya kapan tahun lahit Rasulullah saw? yaitu pada ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜Ž๐˜ข๐˜ซ๐˜ข๐˜ฉ dan pada Haul Abah Masruri ini yaitu ๐˜ต๐˜ข๐˜ฉ๐˜ถ๐˜ฏ ๐˜ฌ๐˜ฆ-2 ๐˜Š๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฏ๐˜ข.

Pada tahun ini Haul dilaksanakan sesuai dengan PROKES ( Protokol Kesehatan ) dan para Alumni bisa mengikuti Haul dengan cara Zoom Virtual.

Kita tidak usah lagi bertanya tentang dalil melaksanakan Haul itu hukumnya apa,

Karena pada zaman sekarang ini butuh orang yang mendekatkan Wifi, dengan itu bisa kita jadikan wifi ini sebagai pendekatan kita kepada Allah SWT. kalau dahulu kita itu jauh dari wifi, namun sekarang kita harus butuh wifi dengan seperti mengikuti Haul Abah Yai secara Virtual agar do`a kita menjadi ๐˜›๐˜ฉ๐˜ฐ๐˜ณ๐˜ช๐˜ฒ๐˜ฐ๐˜ฉ ๐˜๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ญ๐˜ญ๐˜ข๐˜ฉ ๐˜บ๐˜ข๐˜ฏ๐˜จ ๐˜ฎ๐˜ข๐˜ฒ๐˜ฃ๐˜ถ๐˜ญ๐˜ช๐˜ฏ.

Dan kita memohon kepada Allah agar pada Haul Abah Yai Masruri bin Abdul Mughni bin Ikhsan bin Abdul Syakur bin Khudzaifah bin Condro Lelono bin Nur Shiddiq dan yang Insya Allah jalurnya itu sampai ke Mataram.

Abah Masruri lahir tahun 1943 M dan meninggal di Baqi` Madinah sesuai dengan keinginan dari Abah Masruri sendiri agar bisa lebih dekat dengan Rosulullah Saw. para sahabat dan dhuriyyah Rosul. Abah Masruri Lahir di desa Benda sampai akhir usia beliau 69 tahun

Putra-putri Beliau itu Ada 17, cucunya 50 lebih yang semoga dirahmati allah dan menjadi kaum serta umatnya Rasulullah yang Mulia.

Pada haul ini kenapa tidak mengundang para kerabat dan para Habaib lainnya, karena dibatasi oleh sebuah aturan, dan semoga hanya sampai pada tahun 2021 ini dan semoga tahun kedepannya sudah tiada wabah seperti ini lagi.

Dan untuk para Alumni bukan kami tidak memperbolehkan ikut serta menghadiri namun dari pihak kami dan rekan MUI dan sebelumnya yang terhormat Sekertaris MUI Jawa Tengah Bapak Agus Fathuddin dan kawan-kawan MUI lainnya. Kami semua mensosialisasikan GERMAS ( Gerakan Masyarakat Sehat ) supaya apa? supaya anak-anak sehat batin dan dhohirnya , sehingga usaha para ulama ini bisa menjadikan berkah semua ilmunya dan dilapangkan hati dan pikiran serta dilapangkan rezekinya. karena selalu ta`dim wa tahriman untuk mengikuti saran dan ajakan para ulama.

Dan dengan jumlah santri sebanyak 5.000 santri kalau dibilang telah mengikuti PROKES insya allah kami sudah mengikutinya, karena kami tidak mengizinkan wali santri untuk berkunjung melihat putra-putri mereka sehingga insya allah semua aman. Untuk itu para guru tetap harus menjaga kesehatan dan alhamdulillah sudah 1.000 orang yang divaksin di alhikmah 2 ini.

Pesantren Al-Hikmah 2 didirikan oleh KH. Kholil Mahali dan dari catatan, bahwa Mbah Kholil itu mengaji di Kyai Syafi`i Ndongdong mangkang, dari sebuah cerita beliau itu pernah mengaji pada Syekh Sholeh Ndarat.

Artinya bahwa pesantren ini lahir dari tangan-tangan para ulama yang senantiasa menjaga yaitu satu ideologi kebangsaan ( Aqidatul Diniyyah dan Aqidatul Wathoniyyah ) dengan itu harapan kami pada santri agar terjalinnya Ukhuwah Basyariyah dengan mengikuti jejak para ulama dan para pejuang ( pahlawan ) di negara Indonesia ini.

๐Œ๐š๐ฎ`๐ข๐๐ก๐จ๐ญ๐ฎ๐ฅ ๐Š๐ก๐š๐ฌ๐š๐ง๐š๐ก ๐Ž๐ฅ๐ž๐ก ๐Š๐‡. ๐Œ๐š๐ซ๐ณ๐ฎ๐ค๐ข ๐Œ๐ฎ๐ฌ๐ญ๐š๐ฆ๐š๐ซ

Beliau menyampaikan banyak hal dengan salah satunya yaitu membahas tentang Fitroh didirikannya pondok pesantren adalah ilmu untuk tafaqquh liyatafaqquh fiddin, kalau pun ada fungsi-fungsi sosial, fungsi ekonomi atau pun fungsi politik. Ilmu politik itu penting semisal hanya 5 tahun, kalau ilmu agama itu sampai mati bahkan sampai ribuan tahun.

Ilmu itu sangat penting walau itu ๐“ฒ๐“ต๐“ถ๐“พ ๐“ฝ๐“ช๐“ณ๐”€๐“ฒ๐“ญ dengan mempelajari ilmu tajwid membuat sholat kita lebih afdhol, tanpa tajwid sholat kita bisa tidak sah.

๐“˜๐“ต๐“ถ๐“พ ๐“ฝ๐“ฑ๐“ธ๐“ฑ๐“ช๐“ป๐“ธ๐“ฑ itu penting, dengan ilmu thoharoh wudhu kita , sesuci kita, lalu sholat kita sah. Tanpa ilmu thoharoh bisa sa jadi wudhu kita dan sholat kita tidak sah.

๐“˜๐“ต๐“ถ๐“พ ๐“ฝ๐“ฎ๐“ท๐“ฝ๐“ช๐“ท๐“ฐ ๐“ฑ๐“ช๐“ต๐“ช๐“ต ๐“ญ๐“ช๐“ท ๐“ฑ๐“ช๐“ป๐“ช๐“ถ, contohnya bagaiamana cara menyembelih ayam atau sapi itu ada ilmu syariat. Hal tersebut dilakukan dengan ilmu sehingga menghasilkan makanan yang halal. Upaya tersebut merupakan salah satu hal yang membuat doa kita terkabul.

Ibadah mutta`addi adalah ibadah yang manfaat nya bisa diterima orang lain sehingga membuat luar biasa maqomnya, luar biasa tinggi derajatnya sangat mulia. Tetapi jika semua hal itu tidak didasari dengan pengetahuan ilmu tasawuf maka sejatinya hal yang dilakukan sia-sia.

๐“˜๐“ต๐“ถ๐“พ ๐“ท๐“ช๐“ฑ๐”€๐“พ ๐“ญ๐“ช๐“ท ๐“ผ๐“ฑ๐“ธ๐“ป๐“ธ๐“ฏ, itu penting, ilmu qowaid tentang khot itu juga penting. Dengan mengerti ilmu nahwu, shorof dan balaghoh serta mengetahui tentang khot arobi kita dapat mengetahui cetakan Al-quran yang sudah diterbitkan, bahwa cetakan tersebut itu benar atau tidak.

Keutamaan selisih derajat antara orang alim dan orang bodoh mskipun rajin ibadah nya, ” Fatsluma baini wa bainakum, kafadhli `ala adzna rojulin min ashabih ” yang artinya : seperti selisihnya hebat keunggulan, keutamaan Rasulullah saw. dibanding derajatnya shohabat yang paling rendah.

Dan akhir ceramah beliau memberikan motivasi para santri untuk tidak cepat insecure dan selalu berani bersaing dalam hal kebaikan. Akhirul kata, beliau menyemangati para santri dengan ” wis pokoke anake wong NU ora olih kalah”.

๏ปฟ

by : Kharisma Indriyani dan Anjali Fadila

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button