Home / Khazanah / Posisi Imam dan Makmum Dalam Shalat

Posisi Imam dan Makmum Dalam Shalat

Berikut adalah posisi imam dan makmum dalam shalat berjamaah :

1. Jika makmum hanya seorang, maka makmum berdiri di sebelah kanan imam, yakni belakang tumit imam.

2. Jika makmumnya seorang perempuan, maka makmum berdiri di belakang imam.

3. Jika makmum seorang laki-laki dan seorang perem-puan, maka makmum laki-laki berdiri di sebelah kanan imam (seperti pada nomer satu) dan makmum perempuan di belakang makmum laki-laki.

4. Jika makmumnya dua orang, maka makmum berdiri berdiri di belakang imam.

5. Jika makmumnya tadinya satu orang, kemudian di tengah-tengah shalat ada makmum kedua, maka makmum yang kedua itu di sebelah kiri imam, selanjutnya setelah niat, kedua makmum tersebut mundur untuk meluruskan shaf atau barisan di belakang imam.

6. Jika makmum terdiri dari para laki-laki dewasa dan perempuan, maka shaf atau barisan shalatnya : barisan pertama laki-laki, barisan berikutnya anak-anak (laki-laki) dan barisan berikutnya lagi perempuan. Sementara posisi imam pada barisan depan, ada di tengah-tengah.

Ust. Hanif Hidayatullah, S.Pd.I.

About Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.