Breaking News
You are here: Home / Khazanah / Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Pasuruan

Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Pasuruan

Pesantren Darullughah Wadda’wah dirintis pada tahun 1981 oleh Habib Hasan bin Ahmad Baharun. Dalam perintisan, Beliau dibantu al-Habib Ahmad bin Husein As-Segaf. Kedua habib tersebut merintis pesantren di sebuah rumah kontrakkan di Bangil, kabupaten Pasuruan. Saat itu hanya terdapat 30 santri. Kesemuanya laki-laki. Baru pada tahun 1982, pesantren tersebut menerima santri putrid sebanyak 16 orang.

Di masa-masa awal, pesantren ini masih menggunakan fasilitas rumah kontrakan sebagai tempat pembinaan santri. Keadaan ini mengakibatkan lokasi pesantren berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Hingga tahun 1964, pesantren ini telah berpindah sebanyak 11 kali. Karena itu, Para Pengasuhnya, pada 1985 memutuskan untuk mencari lokasi baru yang lebih permanent untuk membangun pondok pesantren.

Tepatnya di Desa Raci, Bangil, Pesantren ini menempati areal tanah 2 Ha. Di sebuah desa terpencil , pesantren Darul Lughah menempati lokasi barunya. Di desa itulah Pesantren Darullughah Wadda’wah berkembang. Hingga kini, pesantren memiliki lahan kurang lebih 4 Ha. Lahan seluas itu hamper penuh terisi saran dan prasarana pendidikan serta asrama.

Pada tahun 2007, tidak kurang Pesantren Darullughah Wadda’wah telah memiliki santri berjumlah 1.196 orang, terdiri dari 868 orang santri putra dan 328 santri putrid. Santri yang belajar di pesantren ini tidak saja berasal dari dalam negri, tetapi ada juga yang berasal dari luar negri, seperti Malaysia, Brunai Darussalam, Singapura, Australia, dan Saudi Arabia.

Ada tiga keunggulan utama yang dimiliki Pesantren Darullughah Wadda’wah dalam pengembangan pendidikannya. Pertama, penguasaan dan pengajaran bahasa Arab secara intensif. Kedua, memiliki jaringan dengan lembaga-lembaga pendidikan luar negri yang ada di Timur Tengah. Ketiga melaksanakan program terpadu antara kurikulum pesantren dan kurikulum pendidikan nasional.

Untuk menunjang kegiatan pondok pesantren, Darullughah Wadda’wah memiliki unit usaha antara lain ; koperasi pondok pesantren, satu warung telekomunikasi (wartel), dua telephon umum tunggu (TUT), percetakan, rental mobil, poliklinik dan agen tunggal minyak pelumas “sharlu” dari Dubai Uni Emirat Arab ( UEA) untuk wilayah Pasuruan.

Sistem Pendidikan

Secara kelembagaan di Pesantren Darullughah Wadda’wah terdapat dua lembaga pendidikan. Pertama, lembaga pendidikan diniyah. Lembaga ini merupakan pilar utama pendidikan di Pesantren Darullughah Wadda’wah..

Kedua, pendidikan Mu’adalah. Lembaga ini mengadopsi system pendidikan Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen agama. Pendidikan ini memiliki empat jenjang , pendidikan yaitu, Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah TInggi Ilmu Agama Islam (STAI)

STAI Darullughah Wadda’wah membuka program S1 untuk jurusan Syariah dengan program studi al Ahwal al-Shahshiyah dan jurusan Tarbiyah dengan program studi pendidikan agama Islam.

Keberadaan kedua lembaga tersebut bertujuan untuk mewujudkan terciptanya ulama professional dan intelektual dalam menjawab problem global. Sehingga dengan demikian, santri lulusan Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah akan memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu da kematangan professional.

Secara umum, sistem pendidikan pesantren Darullughah Wadda’wah lebih condong ke pendekatan salafi, meskipun tanpa mengabaikan penggunaan teknologi yang bisa membantu kelancaraan system pendidikan salafi. Hal ini dilakukan untuk tetap mempertahankan nilai-nilai lama yang masih relevan, disamping mengambil nilai-nilai baru yang baik.

Sumber : Direktori Pesantren jilid 2, diterbitkan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren DEPAG 2007

About Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

One comment

  1. assalamu’alaikum.wr.wb
    Ust.tlg beri tau sya mngenai tgl dn syarat pndaftran dn biaya admnistrasi pndaftaran di kursusan bhs.arab pda bln ramadhan di PP.DALWA.
    sukran.
    wassalamu’alaikum.wr.wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top