Agendaartikel santriBerita

BUKTI BAKTI SANTRI DI HUT RI kE-79

Benda, 19, Agustus 2024- Pondok Pesantren Al Hikmah 2 telah memperingati HUT RI ke-79, sebagai bukti bakti dan cinta santri kepada negeri. Tepat pada tanggal 17 Agustus 2024, para pengasuh, guru dan santri PonPes Al Hikmah 2 telah melaksanakan upacara bendera untuk memperingati HUT RI ke-79, yang bertempat di lapangan Tsania. Upacara ini menjadi simbolisasi peringatan HUT RI sekaligus pembukaan Haflah Kubra (HK) yang ke-113.

Seperti acara-acara pada umumnya, Haflah Kubra dan perayaan 17 Agustus mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya. Ditahun ini, Haflah Kubro bertemakan ‘Kiprah Santri Wujudkan Tekad Negeri’, dengan tujuan agar para santri dapat mewujudkan tekad-tekad negeri, yang salah satunya, yaitu ‘Nusantara maju’. Selain itu, para santri juga diharapkan agar tidak hanya berkembang di lingkungan pesantren saja. Akan tetapi, juga bisa menjadi pendorong bangsa di lingkungan masyarakat.

Adapun perlombaan-perlombaan sudah dimulai sejak tanggal 9 Agustus 2024-17 Agustus 2024. Perlombaan dimulai lebih awal, karena memang terbatasnya waktu dan panitia kepengurusan. Perlombaan tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu bidang akademik dan non akademik. Untuk perlombaan akademik, meliputi; MQK (Musabaqoh Qira’atil Kutub), LCC (Lomba Cerdas Cermat), DBK (Debat Bahasa Krama), dan kaligrafi. Sedangkan, untuk perlombaan non akademik, yaitu khitobah, tahtiman, badminton tunggal, badminton ganda, tenis meja, bola voli, panjat pinang, voli sarung, estafet biskuit, estafet tepung, dan estafet kardus.

Sebenarnya, ada perbedaan di beberapa perlombaan, yaitu jika perlombaan akademik lebih merujuk pada peringatan Haflah Kubra, sedangkan perlombaan non akademik lebih ditujukan untuk memperingati HUT RI. Jadi, kita sebagai santri juga memiliki hak untuk ikut berpartisipasi dalam merayakan HUT RI. Keberadaan kita tidak menjadi penghalang untuk menolong bangsa. Karena sebenarnya, bangsa ini belum sepenuhnya merdeka dari etika manusia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button