Home / Berita / Ujian Pesantren Upaya Menilai Kemampuan Santri

Ujian Pesantren Upaya Menilai Kemampuan Santri

Benda, Alhikmahdua.net – Kamis (22/03) malam, kegiatan Ujian Pesantren (UP) Al Hikmah 2 tahun ajaran 2017/2018 secara sah dibuka oleh Majelis Pengasuh di GOR dan diikuti oleh seluruh santri kelas akhir. UP adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap akhir tahun menjelang kelulusan, UP juga sebagai salah satu upaya menilai kemampuan santri selama belajar di pondok.

Acara dibuka oleh Grup Shalawat Hadroh Al Hikmah 2 dan dilanjutkan dengan pembacaaan ayat suci Al Qur’an. Kang Baidlowi selaku ketua pondok putra menyampaikan “kelas akhir adalah waktu yang sangat menentukan”, di dalam sambutanya.

“Usaha kalian akan kalian nikmati sendiri, pertimbangan seberapa besar nilai itu tidak bisa menjadi tolak ukur untuk bermanfaat bagi masyarakat. Maka dari itu tetaplah semangat, raihlah khusnul khotimah, sehingga ketika keluar dari sini mendapat ridho Allah SWT”, Lanjutnya kang Baidlowi.

Sebagai ketua Madrasah Diniyyah Al Hikmah 2, Ust. Agus Masqon membacakan kriteria pelaksanaan ujian dan sistem penilaiannya. Adapun yang akan diujikan adalah ujian tulis dan lisan dari setiap pelajaran.

“Ujian pesantren ini adalah bentuk muhasabah bagi kita ataupun pondok pesantren sendiri, sudah sampai mana program pondok yang telah berjalan selama ini?, bagi kelas akhir yang sudah nyantren selama 3 tahun, apa yang sudah kita dapat?.” Tutur Ust. Agus Masqon.

Adapun pelaksanaannya, UP bagi santri tingkat SLTA akan dilaksanakan 23 sampai 27 Maret dan untuk santri tingkat SLTP 28 sampai 01 April. Ujian perdana yang akan dimulai pada Jum’at (23/03) malam, khusus santri kelas akhir putra bertempat di GOR dan putri bertempat di Masjid Annur. (Ilham/Red.)

About Ilham Bagus