Home / Berita / Syiar Ilmu Lewat Seni Teater

Syiar Ilmu Lewat Seni Teater

(aktor dalam pementasan teater)

Benda.Alhikmahdua.net-Dalam rangka membagi ilmu lewat jalur seni,  komunitas Teater Didik IAIN purwokerto bersilaturahim ke Pondok Pesantren Al Hikmah 2 dengan agenda menampikan sebuah pementasan drama teatrikal Monolog Si Bugil Dan Spanduk Lusuh. Drama tersebut merupakan saduran dari cerpen karangan Ahmad Tohari yang berjudul Si Bugil Dan Spanduk Lusuh.

Pementasan yang di laksanakan di Gedung olahraga Al Hikmah 2 tersebut berlangsung meriah. Para Santri begitu antusias menyaksikan Si Bugil ber-monolog diatas panggung sambil mempraktekkan gerakan-gerakan yang syarat akan makna khas teatrikal.

Tujuan diadakannya pentas seni ini diantaranya adalah untuk mengajak para santri agar terus berkarya sesuai kemampuanya masing-masing, contohnya dengan seni peran seperti yang ditampilkan oleh Komunitas Teater Didik IAIN Purwokerto ini. Santri bisa menjadikan seni peran sebagai media dakwah untuk mensyiarkan islam sesuai apa yg dipelajari di pondok pesantren, Karena media dakwah itu banyak diantaranya melalui seni. Seperti yang telah diajarkan oleh Walisanga, Para Wali berdakwah dengan media seni gamelan, pewayangan, syair, dan sebagainya. Di harapkan santri dapat juga berdakwah melalui seni peran. Demikian yang dituturkan oleh Kang Munir, Sutradara dalam pentas seni teater Monolog Si Bugil Dan Spanduk Lusuh.

(Ulil Absor)

About Ulil Abshor