Home / Khazanah / Shalat Witir Dua Kali dalam Semalam

Shalat Witir Dua Kali dalam Semalam

Bila seseorang telah melakukan Shalat witir setelah shalat tarawih, kemudian saat malam bakda shalat tahajud, bolehkah dikahiri dengan witir kembali ? ( Ibu Khunaini – Adisana)

Witir dalam semalam ini hanya sekali, kalau sudah dilakukan setelah tarawih ya nanti tidak perlu dilakukan lagi. Jadi tidak ada witir double dalam satu malam. Witir Cuma sekali.

Hanya saja ada satu pendapat sebagian ulama, bagi orang yang ingin melakukan shalat witir untuk menutup shalat malamnya di tengah malam, kalau sudah melakukan witir yang dilakukan sebelum tidur tadi, bole menurut sebagian ulama, witir yang pertama ini di cancel, dijadikan shalat sunnah biasa, ditambah yang tadinya tiga dijadi kan empat. Jadi ini jadi sholat sunnah biasa bukan witir. sehingga tidak lagi ganjil tapi genap.

Kemudian pada shalat malam shalat terakhir, masih bisa melakukan shalat witir lagi, karena witir yang tadi di genapkan.

Tetapi pada dasarnya, witir tidak sampai dua kali, tidak ada witir doble dalam satu malam. Sudah melakukan tiga rakaat bakda tarawih, malamnya tidak perlu shalat witir, cukup shalat malam atau shalat tahajjud.

Mohon maaf pengertian shalat tahajud ini tidak harus diniati saya shalat tahajjud, pokoknya shalat sunnah malam setelah tidur itu dinamakan tahajjud. Jadi sekali lagi tidak ada shalat witir dalam satu malam.kalau sudah dilakukan setelah tarawih, malamnya cukup shalat malam atau shalat tahajjud.

About Tim Redaksi

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *