Berita

Santri Mulai Sibuk Pasaran

Setiap jengkal waktu adalah harta yang tak ternilai harganya. Waktu adalah kesempatan besar bagi setiap manusia untuk menanam kebaikan sebanyak-banyaknya. Terlebih di bulan Ramadhan, yang telah dijanjikan Allah Swt, sebagai bulan penuh berkah dan ampunan. Maka sudah seyogyanya, setiap muslim berupaya mengisi setiap detak waktu dibulan ini dengan penuh kebaikan.

Darisinilah, umumnya Pondok Pesantren memadatkan jadwal pengajian santrinya di bulan Ramadhan. Tak terkecuali bagi santri di Pondok Pesantren Al Hikmah 2. Setiap kali Ramadhan, para santri di pondok ini selalu sibuk dengan padatnya pengajian Ramadhan yang lazim disebut pengajian Pasaran.

Sedari pagi hingga malam hari, pengajian pasaran Ramadhan itu dilaksanakan. Setiap santri berkelompok berdasarkan tingkatan sekolahnya masing-masing. Materi kitab yang dibaca pun bervariasi disesuaikan dengan tingkatan tadi.

Kitab-kitab dari beragam disiplin ilmu, seperti Tafsir Jalalain, Tafsir Munir, Idhoh israro ‘ulumim muqorrobin, tijanud dhurori, idhotun Nasyiin, al barzanji, tafsir surat yasin, fathul mu’in, bidayatul hidayah, An Nasyaikhut Diniyah, kifayatul Akhyar, Matan Arba’in Nawawi hingga ilmu falak tahun ini dibacakan dan dikaji secara intensif di pengajian pasaran Ramadhan.

.

Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button