Khazanah

Salam Menggunakann ” Askum”

Bolehkah menguncapkan salam dengan kalimat yang dibuat sendiri. Misalnya “Askum” atau “Mikum” ? Terimakasih.

(Dari Hamba Allah, Sidamukti)

Jawab :

Kalau mengucapkan, jelas tidak boleh, karena ucapan salam itu baku, yaitu kalimat yang artinya salam, seperti Assalamu’alaikum dan salamun ‘alaik yang penting kata salam. Tetapi kalau contoh yang ditanyakan seperti “Askum” atau “Mikum” inikan singkatan dari assalamu’alaikum. Dan Kalau untuk ditulis tidak ada masalah, karena cara membacanya juga tetap assalamu’alaikum, walaupun tulisannya “Askum” atau “Mikum”.

Ini umpanya dalam bahasa Arab seperti “إِلَى آخِرِهِ” ditulis dengan “الخ”, yang membacanya juga tetap “إِلَى آخِرِهِ”. Terimakasih.

.

Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Related Articles

3 Comments

  1. Assalamu’alaikum.Sekedar masukan saja.alangkah baiknya apabila salam dituliskan secara penuh, misalnya Assalamu’alaikum. Makna salam itu adalah untuk saling mendoakan.. hal tersebut juga berlaku untuk beberapa kata2 islami yg seharusnya tidak disingkat-singkat. saya khawatir hal tersebut bisa menjadi trend dikalangan muslim

  2. Menurut informasi yg saya dapatkan, ASKUM dalam bahasa Ibrani berarti Celakalah Kamu …
    Benar gak nih ? Kalau benar, mengapa tetap dibenarkan dipakai ….
    Bisa juga beralasan, itu kan bahasa Ibrani, bukan Arab …. nah …
    Analoginya begini, kadang kita menulis satu kalimat saja dalam berbagai bahasa, ada Arab, Jawa, Indonesia, Inggris, kadang bhs Perancis, Jepang, China dsb … wajar kan kalau bahasa Ibrani dimasukkan dalam kalimat ….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button