Thursday , 21 June 2018
Home / Berita / Perpustakaan Bantu Santri Belajar Bahasa Kromo

Perpustakaan Bantu Santri Belajar Bahasa Kromo

BENDA- Telah terlanjur berkembang di masyarakat, khususnya Jawa Tengah,  sebuah pandangan terkait santri dan kemampuan berbahasa kromo. Setiap lulusan pesantren di daerah ini, lazimnya harus mampu bertutur dengan bahasa kromo yang dianggap lebih sopan, khususnya pada orang yang lebih  tua (baca : orang tua). rasanya kurang afdhol, jika sepulang nyantri si santri tak bisa bertutur memakai bahasa yang kadang disebut kromo alus ini.

Dari Latar belakang inilah,  pengurus UPT perpustakaan Al Hikmah 2 putra-putri berusaha menerbitkan (baca : menempel) kamus dua bahasa yang diberi nama “kalih”. Dua bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia-bahasa Kromo Inggil. Kamus berbentuk white board ini dipasang di sekitar tangga menuju lantai 2 perpustakaan.

“Kamus sederhana ini, InsyaAllah akan kami update setiap hari” papar salah seorang pengurus perpustakaan, rabu (17/03). (JA-08)

.

About Tim Redaksi

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

2 comments

  1. setuju, demi kemajuan UPT PERPUSTAKAAN AL HIKAMAH 2 PUTRA PUTRI , yu kita budayakan bahasa kromo setiap hari ……

  2. baguz klo gt,gmn klo dr kru2 UPT menggunakan bhs kromo! kan bagus jadi yg blom bisa jd bisa.