Berita

Munaqosah Kubro MMA 2 2014

Rabu 28 mei 2014, siswa-siswi  kelas VI MMA 2 menjalani ujian akhir qiro’atul kutub atau biasa disebut munaqosah kubro. Acara ini selenggarakan satu tahun sekali dan hanya diikuti oleh siswa-sswi kelas VI, sebagai uji kemampuan mereka dalam membaca serta memahami kitab kuning sebelum diwisuda.

Dihadapan  dewan penguji dan adik-adik kelas, siswa-siswi kelas VI maju satu-persatu untuk membaca kitab gundul (tanpa harakat) sesuai  dengan kaidah nahwu dan shorofnya,serta menjelaskannya dengan ma’na mu’rod. Dewan penguji yakni KH Najib Afandi, KH Nasir Musawa, H Ahmad Siddiq, dan K Masyhudi dipersilahkan memberi pertanyaan pada siswa yang maju mengenai bacaan, nahwu shorof serta keterangan yang terkandung dalam kitab yang dibaca siswa. Dipersilahkan pula sesi Tanya jawab bagi adik-adik kelas.

Acara berlangsung ramai dan menegangkan, apalagi saat seorang siswa mualimin bertanya kepada mbak Nur Fadhilah  peserta munaqosah perihal hikmah hitan bagi laki-laki dan prempuan. Mbak Dilah, begitu ia akrab dipanggil pun menjawab pertanyaan dan menjelaskannya dengan malu-malu, karna masalah ini memang agak tabu untuk di bicarakan apalagi didepan umum.

Sorak-sorai dan tepuk tangan penonton mengema saat Mbak Dilah berhasil menjawab pertanyaan dari adik kelasnya. Penampilan mbak Nur Fadilah tersebut sekaligus menutup acara munaqosah kubro MMA 2 tahun 2014

Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button