Home / Agenda / Meladeni Ilmu
Rois Syuriah PBNU KH.Subhan Ma'mun
Rois Syuriah PBNU KH.Subhan Ma'mun

Meladeni Ilmu

oleh : Rois Syuriah PBNU KH.Subhan Ma’mun

(khotimin alfiyah ibnu malik)

alhikmahdua.net-Dalam rangka Haflah Attasyakur Wal ihrtitam Alfiyah Ibnu Malik dan Amrity ke 47 diponpes Alhikmah 2, KH.Subhan Ma’mun berpesan kepada para santri dan hadirin khususnya dan umumnya kepada siapapun untuk memperhatikan pola penting mendapat “ilmu yang bermanfaat”

(K h o t i m a t a l f i y a h i b n u m a l i k)

“Tidak berputus asa dalam belajar atau bersungguh sungguh untuk terus berusaha mutola’ah serta belajar dengan guru yg mempunyai rantai sanad keilmuan yang jelas menyambung hingga ke kanjeng nabi Muhammad SAW ,serta dirinya mau untuk meladeni Ilmu ,insaalloh semuanya akan ikut(aspek lain lain akan meladeninya)insaallah Ilmu akan bermanfaat.karna tidak ada ahli ilmu itu kok ingin ilmunya bermanfaat tapi dia tidak khidmah,ahli ilmu itu harus berkhidmah.

jika apabila “Ahli ilmu” meladeni ilmunya,mengembangkan ilmunya,ditengah masyarakat dengan ikhlas,tulus maka dia akan diladeni tentu dibarengi dengan Ahlak yang baik. ucap kiyai subhan.

menurut jalalaludin assuyuthi makna dari hadis “sebaik baiknya kurun adalah kurunku dan kurun yang berdampingan dengan kurunku yaitu tabi’in dan kurun setelah tabi’in” adalah dinilai dari “adabnya/ahlak. ternyata ahlaknya para sahabat itu tidak akan lagi ditemukan lagi oleh orang orang setelahnya hingga sekarang. rosul pernah bersabda”bapak bapakmu itu lebih baik! itu bukan masalah ilmunya,tapi adabnya,adab dari guru guru kita itu adabnya lebih tinggi,lanjut kiyai subhan.

Keturunan Mulia

KH.Subhan Ma’mun juga memberikan wejangan tips bagaimana mencetak(memperoleh) keturunan yang mulia ,itu ada 3 arah

pertama : kita harus kenal,dan harus nyambung dengan para Habaib.

kedua : kita jauh dengan ulama’,karena aa ulama adalah pelita umat,bahkan bukan hanya itu ulama adalah guru bangsa.

ketiga : Sinergi dengan orang yang ahli toriqoh,ahli mujahadah.

demikian Nasehat dan pesan Rois Syuriah PBNU KH.Subhan Ma’mun dalam Mauidzoh Hasanahnya.

kepada baikaspek hidup bermasyarakat yaitu dengan bermodalkan “ilmu yang didapat belajar dari seorang guru,yang jelas sanad keilmuannya “

keberlangsungan pendidikan dan dakwah khususnya “kalangan santri” untuk terus belajar dan terus berusaha mengabdikan dirinya pada “Ilmu”

“yaitu Ilmu yang didapat dan dibelajari dari seorang kiyai/guru yang jelas secara sanad keilmuannya

About Ulil Abshor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *