Saturday , 23 June 2018
Home / Kultum Ramadhan / Matahari

Matahari

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

اَلْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَالَه

Saudara pemirsa, mari kita merenung sejenak dan secara amat sederhana tentang matahari. Matahari diciptakan Allah memiliki sinar, Matahari adalah salah satu benda langit yang terbesar dalam tata surya kita, dia memancarkan sinar dan panas, Maha suci Allah yang telah menciptakan matahari itu.

Saudara, sinarnya bermacam-macam dan dalam sinar itu Allah menciptakan sekian banyak manfaat, tetapi ada juga sinar matahari yang boleh jadi memberikan dampak buruk bagi manusia, ada gelombang-gelomban yang dihasilkannya, ada gelombang yang panjang beberapa kilometer, ada juga gelombang yang hanya seper sekian centimeter, anehnya atau subhanallah, yang panjang malah tidak membahayakan tapi yang pendek itulah yang dapat membahayakan, seperti sinar eks, sinar ultraviolet, gama dan lain-lain sebagainya.

Nah, saudara, tidak banyak yang kita ketahui tentang matahari, tetapi yang jelas manfaatnya sangat-sangat banyak untuk makhluk hidup, tanpa matahari kita tidak dapat membayangkan bagaimana hidup kita ini.

Saudara, dalam dunia spiritual, matahari mempunyai makna tersendiri, dialah sumber cahaya jiwa kita, karena itu pesan para ulama jangan sampai Anda membiarkan matahari dalam jiwa Anda menjadi gerhana atau padam sinarnya.

Saudara, berkeliling dibawah daya tarik matahari, sekian banyak planet tatasurya, demikian juga matahari jiwa manusia adalah tauhid keesaan Allah, berkeliling dalam tauhid ini kesatuan-kesatuan, kesatuan umat manusia, kesatuan dunia dan akhirat, kesatuan hukum, kesatuan banyak sekali kesatuan-kesatuan, kesatuan sumber agama, semua bersumber dari Allah swt, dan apabila kesatuan-kesatuan itu kita jauhkan dari tauhid, maka manusia akan hancur berantakan jiwanya seperti planet-planet tata surya itu apabila berpisah atau memisahkan diri, apabila dia mampu, dari daya tarik matahari. Anda tidak perlu mengetahui banyak tentang matahari, tetapi itu kita manfaatkan walaupun kita tidak banyak mengetahui tentang hal itu.

Saudara, tidak banyak yang kita ketahui tentang hakikat matahari, namun kendati tidak banyak kita ketahui banyak sekali manfaat yang dapat kita raih dari matahari. Jika demikian, kalau ada sesuatu yang jelas wujudnya, namun Anda belum mengetahuinya, maka pengetahuan ketika itu tidak perlu menghalangi kita untuk tidak meraih manfaatnya.

Saudara, matahari tidak dapat kita tatap berlama-lama, maknanya bahwa ada sesuatu yang sedemikian jelas, yang tidak dapat dilihat oleh kedua mata kita. Memang sesuatu tidak terlihat bukan saja karena gelap, tetapi kalau dia terlalu terang. Wujud Tuhan sedemikian jelasnya, sehingga mata kepala kita tidak dapat melihatnya, tetapi jika hendak melihat tanda-tanda kebesaran Allah, melihat ayat-ayat Allah, merenunglah ! niscaya mata hati Anda akan mengenal-Nya, akan melihat-Nya dengan amat jelas. Demikian sedikit pelajaran yang dapat kita angkat dari matahari yang senang memberikan kepada kita sinar dan cahayanya.

—disadur dari Kultum M. Quraish Shihab

About Tim Redaksi

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445