Home / Berita / Lepas Siswa Dengan Khataman Al-Qur’an

Lepas Siswa Dengan Khataman Al-Qur’an

Pelepasan kelas akhir tak selalu identik dengan hura-hura. Di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2, pelepasan kelas akhir MAK (25/05) ditandai dengan khataman Al-Qur’an tiga juz.

Matahari mulai meninggi, bias cahaya mulai menerangi setiap sudut Gedung Olah raga Pondok. Di Pagi buta itu, GOR sudah nampak dengan aktivitas. Beberapa orang terlihat mondar-mandir menata meja dan kursi . Membentangkan karpet tebal hijau dan merapikan hiasan dekorasi di panggung utama. Orang-orang yang tampak sibuk itu adalah Panitia khataman Al-Qur’an tiga juz Madrasah Aliyah Keagamaan Al-Hikmah 2. Sudah sejak semalam, panitia ini memulai pekerjaannya. Begadang untuk mempersiapkan acara perdana khataman Al-Qur’an tiga juz.

Acara khataman Al-Qur’an tiga juz ini memang dilaksanakan untuk pertama kalinya. Hamam Nasyirudin salah seorang pengajar di MA menuturkan selain sebagai acara pelepasan siswa, kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai tasyakuran atas berjalannya program tahfidz di MAK mulai tahun kemarin. Kurikulum sekolah kini mewajibkan setiap siswa MAK untuk setor hafalan minimal satu juz setiap tahun.

Perlahan, satu persatu tamu undangan, asatidz dan siswa mulai berdatangan. Tanpa menunggu lama, acara khataman dengan pembacaan surat Al-Baqarah dan juz ‘Amma dimulai. Kelompok putri yang membacakan surat Al-Baqarah tampil lebih dahulu. Disusul kelompok putra. Total 59 siswa dan siswi. Acara pembacaan Al-Qur’an yang disimak langsung oleh asatidz ini, berlangsung hingga pukul 12.00 WIB. (JA)

About Tim Redaksi

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *