Berita

Khutbah Idul Adha : Dua Tipe Pemimpin, Pilih Mana

Ada dua tipe pemimpin di dunia. Pertama pemimpin dunia. Dan kedua adalah pemimpin akhirat. Kedua tipe ini sangat berbeda. Pemimpin dunia sibuk mengumpulkan harta dan menghimpun kekuasaan semata. Sedangkan pemimpin akhirat menaruh kekuasaan itu dibawah telapak kakinya.

Keterangan ini diurai oleh KH. Mukhlas Hasyim, MA saat bertindak sebagai khotib shalat Idul Adha di Masjid An-Nur, Jum’at (26/10).

“ Bila pemimpin dunia, selalu dikawal kemana-mana, suka dipuji dan hanya berusaha mensejahterakan dirinya sendiri, maka pemimpin akhirat tak pernah dikawal, Ia sudah merasa cukup dengan kawalan Allah Swt, pemimpin akhirat juga selalu bersanding dengan rakyat jelata” jelasnya.

Abah Mukhlas menyebut bahwa setiap manusia sejatinya telah diberi kesempatan memilih pemimpinnya.

“ Tinggal pilih pemimpin yang mana, tapi ingat bahwa besok di hari akhir setiap orang akan dikumpulkan dengan pemimpinnya” tutur KH. Mukhlas Hasyim, MA

Lalu siapa sosok pemimpin yang paling utama. Abah Mukhlas menegaskan bahwa sosok pemimpin tersebut hanya ada dalam diri Baginda Nabi Muhammad Saw.

“ Beliaulah yang selalu mencurahkan segala yang dimiliknya untuk Allah, siang dan malam Kanjeng Nabi selalu berjuang untuk kepentingan umat manusia” tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga KH. Mukhlas Hasyim mengingatkan bahwa ibadah kurban tidak semata berpesta. Diihat dari pengertiannya, perintahnya, atau tata cara cara sembelihnya saja, ibadah kurban pada dasarnya disyariatkan sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt. (JA)

.

Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Related Articles

2 Comments

  1. Daging qurbannya dikirim ke emailku ya, nanti aku forward ke temen – temen alumni. Selamat hari tasyriq
    #lho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button