Berita

Mulai Hidup Sehat Dari Hal Sederhana

Semakin lembut makanan dikunyah, semakin mudah untuk dicerna, alhasil usus kita pun tetap sehat. Jumlah kunyahan makanan terbaik adalah sebagaimana yang diajarkan oleh Kanjeng Nabi Muhammad Saw yakni sebanyak tiga puluh tiga kali.

Hal ini disampaikan, Kepala SMK Wicaksana, Kharis Yusman. S.Kep dalam seminar kesehatan di GOR Al-Hikmah 2, Jum’at pagi (11/05). Di depan ratusan santri perwakilan setiap komplek dan pengurus Pondok bagian kesehatan, Kharis Yusman menekankan pentingnya penerapan pola hidup sehat sebagai amaliyah harian.

“ Dalam satu hadist disebutkan bahwa seorang yang tidak suka membersihkan kemaluannya setelah buang air, akan dimasukkan ke dalam neraka, hal ini menunjukkan bahwa Kanjeng Nabi atau Islam itu suka kebersihan”

Menurut Kharis, perilaku hidup sehat dapat dimulai dari hal-hal sederhana, seperti, menjaga kebersihan, mencuci  tangan sehabis makan dan buang air, mengganti pakaian dengan teratur dan mencucinya, dan menjemur tempat tidur dengan rutin.

“ Sumber penyakit kulit itu bukan berasal dari air dan makanan, melainkan dari tempat-tempat lembab, seperti pakaian kotor yang tidak segera dicuci, dan kasur yang jarang dijemur” tandas Pak Kharis

Acara seminar yang digagas oleh Pengurus Pondok ini diakhiri dengan tanya jawab antara narasumber dengan para santri (JA)

.

Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button