Home / Khazanah / Zakat Fitrah, 2,5 Kg atau 3 Kg ?

Zakat Fitrah, 2,5 Kg atau 3 Kg ?

Assalamu’alaikum .Berapakah kadar zakat fitrah itu, karena ada yang mengatakan 2,5 kg dan ada yang mengatakan 3,5 kg ? (0857497xxx)

Jawaban :

Zakat fitrah ini kalau berupa makanan. Misalnya beras atau kurma, ini dulu Rasulullah menentukannya menggunakan takaran yang disebut dengan sho’, satu sho’ itu ada 4 mud.

Kemudian BD (berat jenis) beras yang kita keluarkan ini beda-beda. Ada kalanya memang beras yang sudah kering , giling pabrik, sehingga kadar airnya sangat kecil. Sehingga kalau BD beras kemudian kadar airnya sangat sedikit, ini yang bisa satu sho’ atau 4 mudnya bisa 2,5 kg.

Tapi pada realitas, saya sudah mencoba berulang kali. Kalau beras beras yang ada di kampung-kampung, satu sho’ nya itu tidak ada yang 2,5 kg rata rata itu 2,7 kg sekian.

Sehingga dari hasil, katakan semacam percobaan atau riset saya, saya melihat di sebuah toko, saya melihat ada beras yang ini dan itu. Saya takar, satu sho’nya itu rata-rat 2, 7 kg sekian. Sehingga saya bulatkan menjadi 2,8 Kg. Saya belum menemukan yang satu sho’ yang 2,5 kg.

Jadi perlu diketahui, ini dari takaran pindah ke timbangan. Karena takaran pindah ke timbangan. Sedangkan BD yang ditimbang itu beda-beda. Sehingga disini kalau ada yang mengatakan satu sho’nya 2,5 kg atau ada yang 3 kg. Ini semuanya mungkin benar.

Kalau tadi saya katakan seperti Gandum . gandum di Saudi itu ringan sekali. Sehingga satu sho’ itu mungkin 2,5 kg.

Ataupun beras yang giling pabrik sudah dijemur dan disimpan di pabrik selama 6 bulan itu mungkin bisa sekian (2,5 kg).

Tapi pada realitanya orang zakat fitrah itu jarang yang menggunakan gandum, apalagi gandum yang sudah dikeringkan 6 bulan. Karena saya melihat di toko dan saya mencoba rata rata satu sho’ itu 2, 7 kg sekian , dan saya bulatkan menjadi 2,8 kg.

Ini tidak hanya saya. Saya minta pada seorang kiai, yang berulang kali dia tanya pada saya. Saya anjurkan dia beli sho’,Dia di kroya. Setelah beli sho’ Kemudian di pasar dia keliling. Dari sekian penjual beras dia coba. Ternyata yang rata-rata satu sho’ itu 2,7 sampai 2,8 kg.

Jadi, mana yang benar, mana kala katakan 2,5 kgitu ada satu sho’ itu ya benar. Kalaupun ada yang 3 kg itu ya benar.

Jadi ukurannya itu takaran pindah ke timbangan. Jadi tidak sama. Karena kadar airnya tidak sama. Dari realita , maka saya mencoba rata-rata lebih dari 2,5 kg. Yaitu sekitar 2,8 Kg

Jadi kalau tiga kilo itu ya sangat baik. Seperti yang dilakukan mbah mbah kita. Karena padi hanya dijemur beberapa jam kemudian digiling itu otomatis beratnya mungkin akan lebih dari 2,8 kg.

Disadur dari Dialog Interaktif Keagamaan bersama Al-Maghfulah KH. Moch. Masruri Abdul Mughni

About Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.