Khazanah

Kadar Zakat Emas

Pak Kyai, bagaimana cara saya mengeluarkan zakat, bila gaji setiap bulan yang saya terima, saya belikan emas. Dan berapa zakatnya ?

(Dari Rizki, Bumijawa)

Jawab :

Zakat uang dengan zakat emas ini menurut jumhur ulama’ mengatakan nishabnya sama, kemudian juz atau bagian yang dipotong zakatnya juga sama. Jadi tidak ada perbedaan antara uang dengan emas, karena emas memang dijadikan oleh Allah swt sebagai mata uang dan uang kertas itu pada dasarnya juga sama fungsinya dengan emas, yaitu fungsi untuk menyimpan kekayaan, fungsi untuk sebagai penengah atau alat ukur, jadi sama saja zakatnya.

Dan berkewajiban mengeluarkan zakat ketika telah mencapai satu nishab, yaitu nishab dari emas kurang lebih mencapai sekitar 90 gram emas murni, saya tidak tahu kalau untuk ukuran emas 22 karat ini berapa. Kemudian zakatnya adalah 2 ½ persennya. Jadi kalau gaji yang diterima kemudian dibelikan emas dan emas itu sudah ada dikepemilikan seseorang sampai batas waktu satu tahun, maka tinggal menghitung saja, dipotong 2 ½ persen untuk zakat. Saya kira demikian. Terimakasih.

.

Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Check Also
Close
Back to top button