Berita

Jurnalis Al Hikmah 2 Kejar Materi Berita Piramida Terbalik

Rapat perdana jurnalis baru Al Hikmah 2 diadakan dengan metode klub studi, di kelas XII IPS 7 gedung sekolah MA, Jumat malam (05/09) pukul 20.30 WIB. Materi pertama  jurnalis  berjumlah 5 santri ini mengangkat tema tentang  berita dengan metode piramida terbalik, dipimpin oleh Ibnu.

Diadakanya  klub studi itu bertujuan untuk cepat menguasai materi berita, karena sejumlah 5 santri tersebut yang notabene sebagai calon reporter pondok, yang akan lebih ke Hal. Praktik up to det di Media informasi alhikmahdua.net.

“Saya hanya akan menyampaikan materi berita dengan metode piramida terbalik saja, selanjutnya biarkan mereka belajar secara otodidak”, jelas Ibnu saat dimintai alasan.

Dalam pengajaranya Ibnu menyampaikan bahwa, berita memiliki struktur unik: Inti informasi ditulis pada alinea awal [disebut sebagai “lead” atau “teras berita”; biasanya satu hingga dua paragraf], data-data penting menyusul pada alinea-alinea selanjutnya itu [disebut “body” atau “badan berita”, lalu penjelasan tambahan, dan diakhiri dengan informasi lain yang bukan bersifat informasi utama [disebutleg atau ekor] . Inilah yang disebut sebagai piramida terbalik.

Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button