Home / Khazanah / Jagalah Hatimu!
Jagalah Hati!

Jagalah Hatimu!

Jika hati baik maka seluruh anggota baik
Jika kita mendengar kata “hati” akan terlintas di benak kita bahwa hati merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital dan memiliki peran yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Hati sering diibaratkan sebagai pemimpin tertinggi dari anggota-anggota badan yang lain. Jika hati baik, maka anggota badan yang lain akan ikut baik. Namun jika hati rusak, maka semua anggota badan akan ikut rusak. Seperti halnya presiden yang sangat menentukan maju mundurnya negara yang dipimpinnya, hati juga sangat menentukan baik buruknya anggota badan yang lain.
“Ingatlah, sesungguhnya di dalam setiap tubuh manusia terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik, maka baik pula seluruh jasadnya. Tetapi jika segumpal daging itu buruk, maka seluruh jasadnya akan buruk. Ingatlah, sesungguhnya segumpal daging itu ialah HATI.” Demikianlah sabda Nabi mengenai hati yang berada di dalam jasad setiap manusia.
Sebagai umat Islam, kita tahu bahwa Allah swt. tidak akan melihat diri kita dari segi fisik maupun harta, tetapi Allah akan melihat kita melalui HATI. Maka dari itu, kita harus bisa menjaga hati kita dengan sekuat tenaga dari penyakit-penyakit hati yang sangat bahaya dan mematikan karena apabila hati telah terjangkit penyakit, akan sulit mengobatinya.
Penyakit-penyakit yang menyerang hati lebih bahaya daripada penyakit-penyakit yang menyerang jasad karena hati yang sakit akan sangat sulit dalam mengingat dan mencintai Sang Khalik. Di dalam kitab Adabu Suluk al-Murid, Imam Al-Hadad menuturkan bahwa penyakit hati yang sangat berbahaya adalah sombong, ria, dan hasad (dengki). Berikut merupakan penjelasan-penjelasan Imam Al-Hadad mengenai ketiga penyakit tersebut.
1.SOMBONG
Sombong merupakan salah satu penyakit hati yang menunjukkan kebodohan pemiliknya. Bagaimana mungkin seorang makhluk pantas memiliki sifat sombong sedangkan dirinya tercipta dari air mani yang telah terseleksi dan tidak lama kemudian akan menjadi bangkai yang menjijikkan? Jika orang yang sombong memiliki kelebihan-kelebihan yang dapat disombongkan, maka semua itu merupakan karunia Allah semata. Tidak ada satu pun manusia yang memiliki kekuatan untuk menghasilkan kelebihan-kelebihannya. Pertanyaan yang seharusnya menjadi tolok ukur seseorang untuk tidak melakukan kesombongan adalah, “Tidakkah orang yang sombong itu merasa takut kalau kesombongannya akan menjadi sebab dicabutnya nikmat yang telah Allah karuniakan?”
Sebagai makhluk, kita tidaklah pantas memiliki sifat sombong karena itu hanya pantas dimiliki Allah swt. semata.
2.RIA
Ria merupakan salah satu penyakit hati yang menunjukkan kekosongan hati pemiliknya dari keagungan dan kebesaran Allah karena orang yang ria tidak merasa puas jika hanya Allah saja yang mengetahui perbuatannya. Hal ini menunjukkan betapa bodohnya orang yang di dalam hatinya terdapat sifat ria. Orang yang ria sangat mencintai dunia dan rela mengorbankan apa saja demi dunia, bahkan dengan berkedok ibadah akhirat, sedangkan orang yang zuhud pasti akan merasa sangat risi dan gundah jika amal ibadahnya diketahui orang lain.
Jika dalam beribadah kita hanya menghadap kepada Allah, maka Allah akan menghadapkan hati semua makhluk-Nya kepada kita karena hati semua makhluk berada dalam kekuasaannya. Tiada guna kita ingin dipuji manusia karena ibadah kita sedangkan pujian manusia hanyalah ganjaran dunia yang pasti akan sirna. Sebagai makhluk, hendaknya ibadah apa pun yang kita lakukan semata-mata hanya mengharap ridho Allah swt.
3.HASAD
Orang yang hasad berarti memusuhi Allah secara terang-terangan karena jika Allah mengaruniakan nikmat kepada hamba-Nya, maka pastilah Allah berkehendak dalam pemberian nikmat tersebut tanpa adanya paksaan dari siapa pun.Jika seorang hamba tidak menginginkan apa yang telah Allah kehendaki, maka sungguh dia telah memusuhi Allah dan berhak baginya untuk disiksa.
Seringkali hasad itu muncul atas dasar perkara-perkara duniawi, seperti pangkat dan harta. Sebagai muslim, kita dilarang memiliki sifat hasad terhadap sesama muslim karena sesama muslim adalah saudara yang seharusnya saling membantu dan bahu-membahu dalam melaksanakan ketaatan terhadap Allah swt.

Selain tiga penyakit hati yang telah disebutkan, ada banyak penyakit-penyakit lain yang kerap kali menggerogoti hati kita. Sombong, ria, dan hasad adalah yang terbesar bahayanya diantara yang lain. Jika kita cermati dengan saksama, sesungguhnya munculnya penyakit-penyakit hati itu bersumber pada satu perkara, yaitu “Cinta Dunia

Maka, jagalah hati kita dengan memperbanyak zikir kepada Sang Khalik.
Jagalah hati kita dengan memperbanyak membaca kalam Allah yang suci.
Jagalah hati kita dengan mengingat bahwa hidup tidaklah abadi, akhirat lah tempat kita kembali, maka perbanyak lah kebaikan sebagai bekal menuju kehidupan akhirat yang hakiki.

(Teguh)

About teguh satria