Berita

Habis Ngaji Sentral, Putra Takror Sentral

Secara bahasa takror berarti mengulang. Kata ini berasal dari fi’il madhi karrara-yukarriru. Dalam dunia Pesantren takror diartikan sebagai kegiatan mengulang pelajaran. Dalam bahasa arab ada beberapa kata yang memiliki makna hampir sama dengan takror yakni muthola’ah dan muroja’ah.

Takror adalah bagian tak terpisahkan dalam kehidupan santri, termasuk santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2. Sejak selasa malam (4/9) tempat kegiatan takror santri putra oleh pengurus disentralkan di Gedung Olahraga Pondok.

“ Takror sentral dilaksanakan, agar santri memiliki waktu khusus untuk belajar bersama” Jelas Asep Syamsuddin ketua I Rubath Al-Hasan saat dihubungi alhikmahdua.net.

Usai pengajian sentral, para santri bergerak menempati sisi-sisi GOR yang telah ditentukan sebagai tempat belajar mereka. Pada tiang-tiang gedung olahraga itu, sudah tertempel nama-nama kelompok belajar para santri berdasarkan sekolah masing-masing.

Setelah duduk rapi perkelompok. Lurah Pondok Putra, Ahmad Nawawi memimpin doa lewat pengeras suara. Buku dan kitab sembari tadi digenggam tangan mulai dibuka oleh santri. Untuk  sementara kegiatan takror bersama ini baru dilangsungkan selama tiga puluh menit.

Asep berharap, lewat takror sentral santri bisa lebih fokus dalam belajar.

“ Kegiatan belajar bersama tentu lebih baik daripada belajar sendirian, secara terpisah-pisah “ Ujar Asep yang juga mahasiswa semester Ma’had Aly Al-Hikmah 2.

Redaktur : In’am Al Fajar

Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Related Articles

One Comment

  1. Jadi inget “mantra” nya orang NU, almuhafadzoh ‘ala al-qodim ash-sholih, wal akhdu bil jadid al-ashlah, (menjaga tradisi lama yang baik, mengambil tradisi baru yang lebih baik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button